Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi layanan online Gojek. (IST)

Ilustrasi layanan online Gojek. (IST)

Transaksi Gofood Tumbuh 20% Saat Covid-19

Senin, 29 Juni 2020 | 21:15 WIB
Investor Daily

JAKARTA, investor.id - Chief Food Officer Gojek Group Catherine Hindra Sutjahyo menyebut, terjadi peningkatan transaksi pada layanan Gofood hingga 20% selama pandemi Covid-19 yang berlangsung beberapa bulan terakhir.

"Dengan orang-orang tinggal di rumah dan mengonsumsi secara online, bukan cuma order makanan (single size), tapi juga family size agar sekalian order untuk satu keluarga, 1-2 bulan terakhir growth-nya 20%," kata Catherine, dalam webinar Resep UMKM Bangkit Bersama Gofood, Senin (29/6).

Menurut dia, penjualan produk ready to cook juga tumbuh pesat tiga kali lipat sejak 1-2 bulan terakhir. Hal ini bukanlah momok bagi UMKM, tapi menjadi peluang untuk tumbuh dengan mendigitalisasi bisnisnya.

Catherine menyampaikan, terdapat empat upaya dan strategi yang tengah dilakukan Gofood guna mendukung para mitra pelaku bisnis makanan di tengah pandemi sekarang.

Pertama, volume transaksi dan arus pendapatan mitra terus dijaga melalui promo dan kampanye. Promo yang disediakan, termasuk Voucher Makan Keluarga, menciptakan permintaan dengan kategori baru Siap Masak, hingga bantu tingkatkan omzet dengan pilihan menu Traktir Driver.

Strategi kedua, Gofood berupaya meningkatkan permintaan konsumen dengan memaksimalkan eksposur UMKM, seperti melalui In-app shuffle cards di aplikasi Gojek dan Halkulnas Gofood.

Strategi ketiga dan keempat yang mereka lakukan dengan mengurangi biaya operasional bisnis UMKM dan mendukung operasional bisnisnya agar tetap menjadi andalan konsumen.

Operasional bisnis UMKM juga mendapatkan dukungan dan imbauan protokol kesehatan dari hulu ke hilir, serta inovasi sesuai perilaku konsumen (contactless, cashless payment, dan Gofood self-pickup).

Para konsumen pun dapat membantu untuk menggerakkan UMKM melaui kampanye PSBB (Promo Sambil Berbuat Baik) yang menghadirkan diskon menu hingga 20%, diskon total belanja Rp 20-50 ribu, dan diskon ongkos kirim.

Dapur Bersama

Sejak diluncurkan pada Oktober 2019, Gofood semakin menggalakkan inisiasinya bertajuk Dapur Bersama yang ditujukan untuk membantu dan menjangkau lebih banyak pelaku UMKM Indonesia di sektor kuliner.

"Konsepnya, kami ingin berikan akses ke UMKM yang fokusnya untuk delivery. Kita pilihkan lokasi yang sesuai dengan demand bagus. Kami tak ada biaya sewa, namun ada revenue sharing (bagi hasil)," jelas Catherine.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa dalam lima bulan terakhir, sudah ada 27 Dapur Bersama Gofood yang dihadirkan di wilayah Jabodetabek, Bandung, dan Medan.

Lokasi fasilitas memasak bersama bagi para mitra melalui Dapur Bersama dipilih berdasarkan survei dari permintaan (demand) makanan, atau produk, hingga kemudahan akses bagi para mitra pengantar (driver) Gojek/Gofood.

"Ini merupakan bentuk solusi dari kami untuk para pelaku UMKM bidang kuliner, terlebih kami memiliki sekitar 500 ribu partner Gofood yang merupakan UMKM," ujarnya.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : ANTARA

BAGIKAN