disini
WhatsApp Hadirkan 3 Fitur Panggilan Suara
 Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi WhatsApp. (HDblog)

Ilustrasi WhatsApp. (HDblog)

WhatsApp Hadirkan 3 Fitur Panggilan Suara

Sabtu, 18 Juni 2022 | 08:28 WIB
Investor Daily (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - WhatsApp, aplikasi perpesanan instan untuk jejaring sosial paling terkenal di dunia dari Meta Group, mengumumkan tiga fitur baru untuk panggilan suara dalam grup di platformnya.

"Panggilan dan pesan suara dapat mempercepat dan memudahkan kita untuk melakukan percakapan yang lebih ekspresif," ungkap WhatsApp, dalam keterangannya, dikutip Jumat (17/6/2022).

Advertisement

Fitur pertama, berupa notifikasi ketika ada seseorang bergabung dalam grup WhatsApp. Sebelumnya, jika ada anggota yang baru bergabung ke panggilan suara grup, pengguna belum tentu tahu.

Baca juga: WhatsApp Tambah Kapasitas Pengguna di Fitur ‘Grup’ hingga Dua Kali Lipat

Sekarang, WhatsApp memungkinkan pengguna bisa melihat notifikasi bahwa ada orang yang baru bergabung ke panggilan suara kelompok.

Kedua, pengguna bisa mematikan suara orang lain supaya tidak terganggu ketika ada orang yang sedang berbicara. Fitur ini mirip dengan fitur membisukan (mute) yang ada di aplikasi konferensi video, seperti Zoom.

Fitur ketiga, kemampuan mengirim pesan kepada orang lain yang ada di panggilan grup. Ketika mendengar suatu kabar dan ingin mengirim pesan pribadi, pengguna bisa melakukannya tanpa perlu meninggalkan panggilan yang sedang berlangsung.

Ketiga pembaruan tersebut pun menambah kemampuan baru panggilan suara di WhatsApp. Platform ini sejak beberapa bulan belakangan juga telah memberikan pembaruan, seperti panggilan suara sampai 32 orang dari yang sebelumnya delapan orang.

WhatsApp beberapa waktu lalu juga telah meluncurkan fitur hands-free untuk merekam pesan suara, yaitu dengan menekan dan menahan tombol mikrofon lalu menggesernya ke atas untuk merekam suara. Pengguna kini bisa meninjau pesan suara sebelum mengirimnya.

Transfer ke OS Lain

Sebelumnya, WhatsApp juga telah menghadirkan fitur baru yang sudah cukup lama ditunggu, yakni memindahkan histori obrolan dari ponsel bersistem operasi (operating system/OS) Android ke iPhone yang punya OS iOS.

CEO Meta Platforms Mark Zuckerberg mengumumkan fitur baru tersebut melalui akun Facebook miliknya. "Ini fitur yang paling banyak diminta. Kami meluncurkan kemampuan pindah dari iPhone-->Android tahun lalu dan sekarang menambahkan Android-->iPhone," ungkap Zuckerberg.

Berdasarkan pengumuman dari Zuckerberg, fitur transfer dari Android ke iPhone mencakup kemampuan untuk memindahkan konten histori obrolan, foto, video, hingga pesan suara. Pengiriman ini juga tetap dilindungi enkripsi dari ujung ke ujung (end-to-end).

Baca juga: Berbisnis di Sosial Media Lebih Mudah dengan WhatsApp API Qontak

Dikutip dari laman The Verge, pemindahan data dari ponsel Android ke iPhone hanya bisa untuk iPhone baru, atau yang sudah disetel ulang ke setelan pabrik (factory reset). Untuk ponsel iPhone, sistem operasi yang diperlukan juga minimal iOS 15.5, sementara pada Android, minimal OS Android 5.

Pada ponsel Android, pengguna pun harus memasang aplikasi Move to iOS. Ketika sedang menyetel iPhone baru, ketuk opsi memindahkan data dari Android dan ikuti langkah-langkahnya. Setelah selesai, pengguna harus masuk (login) ke WhatsApp dengan nomor ponsel yang sama.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : ANTARA

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN