Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kantor Ericsson. (IST)

Kantor Ericsson. (IST)

XL Axiata Aplikasikan Cloud Core 5G Ericsson

Minggu, 2 Agustus 2020 | 20:44 WIB
Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Ericsson dipilih oleh XL Axiata untuk mengimplementasikan solusi teknologi Cloud Core 5G-ready di kawasan Indonesia bagian timur. Kerja sama ini meliputi solusi Cloud Packet Core (CPC) dan Network Functions Virtualization Infrastructure (NFVI) Ericsson.

Berdasarkan laporan Ericsson Mobility Report edisi Juni 2019, rata-rata penggunaan data setiap smartphone di Indonesia diperkirakan naik hingga 10 kali lipat dengan menggunakan perangkat yang mengadopsi teknologi 5G.

Solusi dari Ericsson pun diyakini akan mendukung XL Axiata dalam mempersiapkan peningkatan trafik data tersebut, menyederhanakan operasi, dan menjamin  pendapatan dari layanan 5G.

Chief Technology Officer XL Axiata Yessie D Yosetya mengatakan,  penggunaan layanan data di Indonesia tumbuh pesat dan pengguna selalu mencari teknologi tercanggih setiap saat.

Dengan menggunakan solusi CPC Ericsson yang canggih, perseroan diharapkan tetap menjadi pemimpin teknologi dan mampu memenuhi permintaan pengguna yang terus meningkat.

“Bagi kami, Ericsson adalah salah satu mitra jaringan penting, dan kami yakin, implementasi ini akan meningkatkan kualitas kinerja jaringan kami,” ujar Yessie, dalam keterangannya, seperti dikutip Minggu (2/8).

CPC Ericsson meliputi aplikasi terdepan di pasar, antara lain Evolved Packet Gateway, sehingga memungkinkan arsitektur jaringan inti (core network) terdistribusi serta meningkatkan kinerja jaringan dalam persiapan menuju 5G.

Ditambah dengan NFVI, jaringan inti terbaru tersebut akan mendukung XL Axiata dengan solusi terbuka dan fleksibel yang memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan teknologi-teknologi baru dengan kustomisasi bawaan dan inovasi baru.

Tujuannya untuk mendukung pengenalan layanan terbaru dan membantu memperkaya pengalaman pengguna seraya tetap memberikan pelayanan yang lebih maksimal.

Country Head of Ericsson Indonesia Jerry Soper menambahkan, Ericsson merupakan pemimpin pasar Evolved Packet Core virtual dan NFVI dalam beberapa tahun terakhir.

Hal tersebut ditopang oleh kematangan penerapan software, stabilitas kinerja operasional, serta kemampuan pengiriman lokal yang luar biasa, sehingga menjadi faktor penting bagi XL Axiata dalam memilih sebagai penyedia solusi terbaik.

“Kerja sama ini adalah bukti kepemimpinan Ericsson dalam hal Packet Core serta menunjukkan komitmen kami untuk bekerja bersama XL Axiata dalam menghadirkan layanan 5G,” tutur Soper.

Peran Ericsson

Ericsson merupakan pemimpin teknologi global dan telah hadir di Indonesia selama lebih dari satu abad. Perusahaan ini menghadirkan konektivitas seluler bagi semua generasi, termasuk 4G, dan telah menguji coba langsung 5G terbaru bersama XL Axiata.

Sebagai platform penting untuk 5G Core, CPC, dan solusi NFVI Ericsson, akan mendukung XL Axiata dalam membangun landasan kuat bagi jaringan 5G dan memastikan implementasi cepat dari use cases pada masa mendatang untuk masyarakat dan pelaku industri.

Saat ini, CPC Ericsson sedang mengembangkan aplikasi EPC virtual. Ericsson berdedikasi untuk mendukung pelanggannya, sehingga mulus berevolusi dari EPC menjadi operasi mode ganda 5G Cloud Core, 5G EPC, dan 5G Core (5GC). Tujuannya untuk menjamin fleksibilitas, kecepatan waktu untuk dipasarkan, dan efisiensi dalam operasi.

Sementara itu, solusi NFVI Ericsson memungkinkan operator untuk mengimplementasikan telekomunikasi virtual, OSS, BSS, IT, dan aplikasi pada media dengan kecepatan penuh dan total tarif kepemilikan rendah.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN