Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Teknisi merawat BTS XL Axiata. (IST)

Teknisi merawat BTS XL Axiata. (IST)

XL Prediksi Trafik Data Naik 15% pada Akhir Tahun

Emanuel Kure, Rabu, 11 Desember 2019 | 08:00 WIB

JAKARTA, investor.id - PT XL Axiata Tbk telah menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data guna menghadapi momen masa liburan panjang pada akhir 2019 ini. Layanan data perseroan pada liburan panjang yang dimulai dari Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 diprediksi mengalami kenaikan trafik 15%, atau lebih kecil dibandingkan tahun 2018.

Plt Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan, untuk liburan akhir tahun ini, XL Axiata memprediksi terjadi kenaikan trafik sekitar 15% pada layanan data, dengan layanan streaming video/musik, instant messenger, gim, dan media sosial akan mendominasi.

“Akses ke peta digital seperti Google Map dan Waze juga kemungkinan akan mengalami peningkatan,” ujar Gede Darmayusa, dalam keterangannya, Selasa (10/12).

Menurut Gede, untuk mengantisipasi lonjakan trafik tersebut, pihaknya telah mempersiapkan jaringan, meliputi peningkatan kapasitas hingga dua kali dari hari normal, optimisasi di area-area tujuan wisata dan sepanjang jalur transportasi darat di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga persiapan untuk merekayasa jaringan jika terjadi kepadatan trafik di suatu lokasi.

Hal yang sama juga dilakukan persiapan dalam pengerahan sekitar 30 unit Mobile BTS (MBTS) di berbagai lokasi yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik.

“Persiapan khusus sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Kami sangat serius karena selain Lebaran, libur panjang akhir tahun dari mulai Natal hingga Tahun Baru adalah momen di mana trafik selalu mengalami peningkatan yang signifikan,” ujarnya.

Dia melanjutkan, persiapan jaringan lainnya adalah berupa pengaturan trafik internet ke arah upstream arah Malaysia dan Australia menjadi 1,5 kali dan menggunakan dua exchange Singapura dan Australia.

Selanjutnya, tim XL Axiata juga telah mengidentifikasi sedikitnya 300 titik lokasi yang diperkirakan menjadi pusat mobilitas pemudik, antara lain bandar udara, terminal, pelabuhan penyeberangan, stasiun kereta, hingga rest area di sepanjang jalan tol Jawa dan Sumatera.

Selain itu, lokasi tujuan wisata, pusat perbelanjaan, hingga tempat ibadah terutama gereja terkait perayaan Natal juga diantisipasi lonjakan trafiknya. Gede pun optimistis, kualitas layanan data selama liburan panjang tahun ini tetap prima dan pelanggan akan mendapatkan kenyamanan sesuai dengan yang mereka butuhkan.

Selain persiapan khusus dalam menyambut masa liburan tahun ini, performa jaringan data XL Axiata akan terbantu oleh selesainya fiberisasi di ratusan kota di berbagai daerah, baik di sebagian besar pulau Jawa dan luar Jawa.

“Kami juga telah menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi accident yang tidak terduga, misalnya banjir, gempa bumi, dan sebagainya yang sifatnya bencana dan berpotensi menyebabkan putusnya pasokan listrik ke BTS-BTS,” katanya.

Karena itu, tim XL Axiata di lapangan akan standby 24 jam selama masa libur akhir tahun. Selain itu, ada tim yang terus memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan XL Axiata melalui pusat monitoring kualitas layanan XL Axiata dan Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) yang berada di kantor pusat di Jakarta.

 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA