Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
ZTE dan Omdia terbitkan makalah berjudul Security Transparence and Assurance in a 5G World pada 16 September 2020 di Shenzhen, Tiongkok. ( Foto: ZTE Corporation )

ZTE dan Omdia terbitkan makalah berjudul Security Transparence and Assurance in a 5G World pada 16 September 2020 di Shenzhen, Tiongkok. ( Foto: ZTE Corporation )

ZTE-Omdia Rilis Makalah Transparansi dan Jaminan Keamanan di Era 5G

Kamis, 17 September 2020 | 08:51 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

SHENZHEN, investor.id – ZTE Corporation dan perusahan riset teknologi Asia, Omdia merilis makalah berjudul “Transparansi dan Jaminan Keamanan Dunia 5G” atau Security Transparence and Assurance in a 5G World pada Rabu (16/9).

Menurut makalah tersebut, jaminan komprehensif dalam keamanan siber memiliki peranan vital bagi seluruh ekosistem di era 5G, mulai perangkat IoT hingga jaringan 5G, dari regulasi hingga aktivitas operasional. Jaminan keamanan siber yang sangat efektif juga memerlukan kolaborasi dan koordinasi dari seluruh pihak yang terlibat, serta evaluasi berkala. Dengan demikian, berbagai tantangan yang muncul dari pemasangan jaringan 5G global dapat diatasi.

ZTE sendiri telah berkomitmen untuk mengkaji sejumlah solusi keamanan siber yang proaktif selama bertahun-tahun. Bahkan makalah ini turut mengulas sejumlah fitur keamanan siber, pengalaman, dan perencanaan yang telah dimiliki ZTE. Ketiga fitur tersebut telah menunjukkan mekanisme kolaborasi, transparansi, dan keterbukaan yang mengatasi berbagai risiko, dan tantangan keamanan siber di dunia 5G.

Di samping itu, isi makalah memaparkan status keamanan siber sebagai prioritas tertinggi dalam litbang produk dan penyediaan layanan ZTE. Pasalnya, ZTE telah merumuskan mekanisme jaminan keamanan siber yang komprehensif dan sesuai dengan sejumlah regulasi dan standar. ZTE juga telah menerapkan serangkaian standar keamanan siber, seperti model pertahanan tiga lapis, Product Security Incident Response Team (PSIRT), laboratorium keamanan siber, serta evaluasi keamanan siber.

Sebagai informasi, pada Agustus 2020, ZTE dilaporka telah lolos audit NESAS yang digagas GSMA. Pencapaian ini membuktikan keamanan dari pengembangan, dan siklus penggunaan 5G yang dijalankan ZTE. 

Menurut Senior Research Director Cybersecurity Omdia Maxine Holt, digitalisasi telah berjalan selama bertahun-tahun, dan jaminan keamanan siber yang komprehensif harus sejalan dengan profil risiko. Banyak perusahaan akan menyadari pentingnya langkah untuk mengkaji risiko digital dalam aspek sumber daya manusia (SDM), proses, dan teknologi demi melindungi kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan (confidentiality, integrity, and availability/CIA) informasi.

“Keamanan siber menjadi tantangan global yang harus ikut diatasi oleh semua pelaku industri guna mewujudkan dan menjaga jaringan 5G yang aman dan andal dengan kinerja yang tinggi,” ujar Holt dalam siaran pers.

Sedangkan Vice President & Chief Security Officer ZTE Zhong Hong menuturkan jika ZTE bersiap dan berharap menjalin kolaborasi dengan para pelanggan, serta pemangku kepentingan industri demi mengatasi berbagai tantangan keamanan siber yang selanjutnya.

“Kami ingin membangun jaringan 5G yang aman dan tepercaya sehingga kehidupan digital yang lebih baik dapat terwujud bagi setiap orang,” kata dia.

Ke depannya, lanjut Zhong, ZTE akan terus mempertahankan transparansi dan keterbukaan, serta menjalankan pendekatan yang berbasiskan risiko untuk mengelola keamanan siber pada seluruh siklus produk. Lebih lagi, ZTE akan mematuhi ketentuan regulasi dan standar teknis, melakukan evaluasi, serta memperoleh sertifikasi yang dibutuhkan pelanggan dan regulator.


 

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN