Menu
Sign in
@ Contact
Search

Duta Lingkungan Lestarikan Alam Sejak Dini

Senin, 25 April 2016 | 05:35 WIB
Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BOGOR- PT Astra Internasional Tbk, melalui program Duta Lingkungan mengajak siswa dari sekolah Adiwiyata se-Indonesia untuk menyebarluaskan gerakan pelestarian alam untuk mencegah kerusakan lingkungan yang semakin nyata.

"Harapan kita Duta Lingkungan ini setelah tumbuh harus tetap menjaga lingkungan, dan jangan merusak lingkungan," kata Head of Environment and Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah, dalam acara Adiwiyata Summit 2016, di Haroto Pusako Edu Eco Tourism, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Riza mengatakan, Duta Lingkungan salah satu program CSR Astra dalam bidang pelestarian lingkungan melibatkan sekolah adiwiyata yang ada di Indonesia. Upaya ini dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran pelestarian lingkungan sedari dini melalui dunia pendidikan.

"Adiwiyata merupakan nama program pendidikan lingkungan yang diharapkan menjadi wadah yang baik untuk mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan, ilmu dan etika agar tercapai kesejateraan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan," katanya.

Untuk memperkuat peran duta lingkungan, Astra bekerja sama dengan Yayasan KEHATI dan Perhutani menyelenggarakan Adiwiyata Summit 2016, diikuti 159 peserta selaku duta lingkungan dari 54 sekolah adiwiyata yang datang dari tujuh provinsi yakni Aceh, Jawa Barat, Sulawesi Barat, Lampung, Banten, dan DI Yogyakarta.

"Adiwiyata Summit melanjutkan kegiatan Jambore Duta Lingkungan Astra 2015 yang terdiri dari apresiasi duta lingkunga, peluncuran website Adiwiyata Learning Center, serta workshop adiwiyata," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan Adiwiyata Summit dapat menginspirasi para siswa dan guru untuk mengajak sekolah lainnya serta siswanya untuk melestarikan lingkungan, dengan melakukan penanaman pohon, tidak membuang sampah ke sungai, membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan plastik, hemat menggunakan listrik dan air, serta cermat menggunakan transportasi.

"Sesuai dengan tujuan ke 15 SDGs, edukasi lingkungan dengan melindungi, memulihkan dan mengedepankan pemanfaatan ekosisten darat secara arif, mengelola dan menjaga keberlangsungan hutan, memerangi penggundulan lahan, menghentikan dan mengembalikan degradasi lahan serta menghentikan hilangnya keanekaragaman hayati," katanya.

Riza menambahakna, edukasi mengenai lingkungan kepada para generasi muda sangat penting mengingat deforestasi (laju kerusakan hutan) marak terjadi di Indonesia dan membawa berbagai dampak buruk bagi lingkungan dan kehidupan.

"Kita berharap duta lingkungan Grup Astra sebagai generasi penerus bangsa dapat mulai menjaga lingkungan sedini mungkin, agar masa depan bangsa menjadi lebih baik," katanya.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI), Ismid Hadad mengatakan, duta lingkungan memiliki peran dalam upaya pelestarian lingkungan di tingkat masyarakat, menyebarluaskan informasi serta memberikan contoh perilaku hidup menjaga lingkungan.

"KEHATI mendorong para duta menyebarluaskan gerakan pelestarian lingkungan, agar lingkungan kita sehatdan lestari," katanya. (ant/gor)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : ANTARA

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com