Menu
Sign in
@ Contact
Search

1.000 Musisi Bakal Tampil di Java Jazz Festival

Kamis, 2 Maret 2017 | 22:57 WIB
Oleh Indah Handayani (redaksi@investor.id)

Jakarta International BNI Java Jazz Festival siap digelar untuk ke-13 kalinya di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 3-5 Maret 2017. Sebanyak 1.000 musisi bakal tampil di festival musik jazz tahunan terbesar di Indonesia tersebut.

 

Direktur Utama Java Festival Production Dewi A Gontha mengatakan selama tiga hari tersebut terdapat 1.000 musisi yang terdiri atas 300 musisi internasional dan 700 musisi dalam negeri, di antaranya adalah Sergio Mendes, pemenang Grammy Awards.

 

Selain itu, penampilan yang paling ditunggu tahun ini adalah Chick Corea, peraih Grammy dan Latin Grammy Awards. Corea akan hadir bersama The Chick Corea Elektric Sand feat Dave Weck, Nathan East, Eric Marienthal, Frank Gambale, Arturo Sandoval, dan Ne-Yo.

 

Saat ini, lanjut Dewi, sebanyak 30% musisi internasional sudah hadir dan akan terus berdatangan. Dengan penyanyi dan musisi sebanyak itu, bakal ada 170 penampilan di 14 panggung yang disediakan.

 

Dia menambahkan untuk kali pertama dalam 13 tahun pelaksanaannya, Jakarta International BNI Java Jazz Festival tahun ini tidak menyediakan special show. Dengan hanya membeli daily pass atau 3 day pass, pengunjung Java Jazz Festival dapat menikmati semua pertunjukan yang ada di 14 panggung yang tersebar di JIExpo Kemayoran Jakarta.

 

Dengan tidak ada special show, minat pengunjung membeli tiket daily malah meningkat. Terutama untuk Sabtu dan Minggu,” ungkap Dewi di sela konferensi pers di Jakarta, Rabu (1/3).

 

Dewi menambahkan, sejalan visi dan misi untuk mempromosikan Indonesia di mata dunia, Java Jazz Festival menjadi meeting spot antara musisi Indonesia dan musisi Internasional. Pada tahun ini, Special Project dan juga Kolaborasi yang akan hadir antara lain BNI Special ProJakarta ject Tribute To Whitney Houston” yang akan menampilkan Dira Sugandi, Lea Simanjuntak, Ramasean dan Soundwave.

 

Tak kalah menarik juga adalah MLDJAZZPROJECT Indonesian Heritage dan Yamaha Music Project yang akan menghibur pengunjung Java Jazz dengan penampilan Glenn Fredly, Yura Yunita, Tulus, Armand Maulana, dan Saykoji.

 

Dewi menjanjikan, Tulus yang sudah beberapa kali tampil di festival ini pun, akan membuat konsep yang berbeda. Tulus akan tampil bersama penyanyi keroncong Sundari Sukotjo. Kolaborasi antar musisi yang sudah menjadi tradisi di Java Jazz Festival pada tahun ini di antaranya adalah Tribute to Al Jarreau by MANNA Feat. Dwiki Dharmawan, Paulinho Garcia feat. Rega Dauna, Barasuara Feat. Ron King Horn Section Endah N’ Rhesa X DUADRUM, dan penyanyi jazz Margie Segers yang akan tampil dengan the Ron King Horn Section.

 

Musisi Dwiki Dharmawan juga menjanjikan penampilan yang berbeda. Dwiki akan membawakan alunan musik yang biasanya hanya dibawakan pada saat tampil di Eropa. Tidak hanya itu, dia juga akan membawakan lagu-lagu yang ada di album terbarunya bertajuk Pasar Klewer.

 

Kebetulan album tersebut dinobatkan sebagai the best jazz album dari The Downbeat Magazine dari Amerika Serikat pada 2016,” jelasnya.

 

Transaksi Naik

Sementara itu, Direktur Konsumer Banking BNI Anggoro Eko Cahyo optimiatis terjadi kenaikan transaksi Tap Cash sebesar 15% dari transaksi tahun lalu yang mencapai 81 ribu transaksi atau sama dengan Rp 2,5 miliar selama tiga hari. Peningkatan itu seiring dengan kenaikan target pengunjung Java Jazz Festival tahun ini.

 

Kenaikan tersebut juga ditopang oleh penambahan fungsi dan penerimaan transaksi Tap Cash di banyak fasilitas yang lebih banyak,” ujar dia.

 

Eko menambahkan dukungan BNI terhadap Java Jazz Festival tanpa henti selama 12 tahun menunjukan keyakinan korporasi terhadap event musik yang spesial ini sejak awal. Dukungan yang berlangsung belasan tahun itu juga menjadi simbol gairah BNI dalam usaha menumbuhkan industri kreatif di tanah air sejak lama. Karena itu, menjadi hal yang wajar bagi BNI untuk menjadi title sponsor yang kedua kali tahun pada 2017.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com