Menu
Sign in
@ Contact
Search
Calon penumpang pesawat menggunakan pelindung wajah dan sarung tangan karet saat bersiap memasuki area keberangkatan pesawat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (10/5/2020).  Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Calon penumpang pesawat menggunakan pelindung wajah dan sarung tangan karet saat bersiap memasuki area keberangkatan pesawat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (10/5/2020). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Terbang Sehat Saat Pandemi, Penumpang Disarankan Hindari Gunakan Toilet Pesawat

Sabtu, 26 Desember 2020 | 11:10 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

BALI, investor.id – Perlindungan diri dan keluarga merupakan kunci dalam menekan penyebaran Covid-19. Karena itu masyarakat diminta memiliki kesadaran menjaga diri sendiri dari penularan virus. Pemerintah maupun gerakan sosial masyarakat sangat gencar melakukan sosialisasi dan edukasi, namun tanpa kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, penyebaran akan terus berjalan.

Berdiam diri di rumah dan menghindari bepergian merupakan salah satu langkah yang dinilai efektif mencegah diri tertular Covid-19. Namun bila terpaksa harus bepergian, apalagi menggunakan transportasi publik seperti pesawat terbang, persiapan harus dilakukan jauh hari.

Ahli Kesehatan Penerbangan Sipil, Harry Wicaksana menyampaikan bahwa persiapan yang paling penting dilakukan sebelum melakukan penerbangan yaitu menjaga imun dan melakukan pemeriksaan kesehatan. “Calon penumpang pesawat harus memastikan dirinya sehat sebelum berangkat, bila tidak sehat sebaiknya rencana penerbangan diurungkan,” ujar Harry saat menjadi pembicara pada Talk Show yang digelar oleh Rumah Sakit Umum Ganesha, Gianyar Bali secara live pada akun Instagram RSU Ganesha, Sabtu (26/12/2020).

Lebih jauh dikatakan, setelah dipastikan sehat dan akan melakukan penerbangan, calon penumpang  disarankan memesan atau membeli tempat duduk pesawat. Begitu pula saat pengurusan kartu kewaspadaan kesehatan (Health Alert Card/HAC) disarankan dilakukan secara digital. “Bila sebelum terbang merasakan gejala kesehatan, sebaiknya segera melapor ke puskesmas atau fasilitas kesehatan bandara, ini penting agar tidak menularkan penumpang lain” paparnya.

Kembali ke pemilihan kursi pesawat, menurutnya posisi kursi paling depan yang paling aman. “Upayakan hindari antri masuk pesawat, dengan memesan kursi paling depan, penumpang tersebut bisa masuk setelah semua penumpang lainnya sudah berada didalam pesawat,” urai Designated Aviation Medical Examiner at Civil Aviation Safety Authority tersebut.

Begitu pula saat akan turun pesawat, penumpang disarankan tidak berkerumun dengan tidak terburu-buru turun pesawat, sebaiknya menurut Harry turun paling belakang setelah penumpang lain sudah turun pesawat.

Adapun saat penerbangan, penumpang diminta tidak melepas masker dan menghindari penggunaan toilet pesawat. Berdasarkan penelitian terbaru, penularan Covid-19 tertinggi di pesawat terjadi di toilet pesawat. “Untuk meminimalkan penggunaan toilet di pesawat, otoritas penerbangan Tiongkok telah mewajibkan pramugari pesawat menggunakan pampers,” ujarnya.

Agar tidak menggunakan toilet pesawat, Harry menyarankan para penumpang pesawat menggunakan pampers dan alat pelindung diri saat berada di dalam pesawat.

    

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com