Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi keluarga.: Investor Daily/IST

Ilustrasi keluarga.: Investor Daily/IST

Tips Jaga Mood Tetap Positif Selama di Rumah Saja

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:37 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Selama di rumah saja tentu akan mempengaruhi mood Ibu dan anggota keluarga terutama karena keterbatasan hiburan dan pembatasan kegiatan. Para orang tua terutama Ibu memiliki tantangan luar biasa bagaimana menjaga mood diri sendiri dan keluarga di tengah segala perubahan yang terjadi. Untuk itu, ada beberapa tips untuk menjaga mood tetap positif selama di rumah saja. Apa saja itu?

Marketing Manager DAIA (Wings Group Indonesia) Anastasia Pamela mengatakan sejumlah penelitian termasuk dari Constance Hart, seorang pakar Color Therapy, warna dan wangi dapat mempengaruhi suasana hati, emosi bahkan kesehatan. Warna yang cerah cenderung membuat seseorang menjadi lebih positif dan bersemangat, begitu pula dengan wewangian.

“Untuk itu, pentingnya menjaga penampilan agar dapat meningkatkan mood menjadi positif meskipun kita sibuk bekerja atau mengurus rumah tangga dengan pakaian yang cerah serta wangi,” ungkapnya di sela virtual peluncuran Packaging terbaru Deterjen DAIA, Selasa (26/10).

Virtual peluncuran Packaging terbaru Deterjen DAIA, Selasa (26/10).
Virtual peluncuran Packaging terbaru Deterjen DAIA, Selasa (26/10).

Chitra Annisya MPsi, Psikolog Anak dan Keluarga menambahkan dalam kesehariannya, ibu memiliki berbagai peran yang dijalankan, antara lain mengasuh anak, mengurus rumah tangga, mendukung suami, hingga menjadi guru bagi anak. Tugas dan tantangan yang dihadapi tentunya beragam dan dapat mempengaruhi tingkat stress ibu meningkat serta mood menjadi buruk. Padahal, ibu merupakan pusat energi dan emosi di keluarga yang mengendalikan mood serta aktivitas seluruh anggota keluarga. Oleh sebab itu, penting bagi ibu untuk menjaga keseimbangan antara kebutuhan tubuh (body), pikiran (mind), dan mengoptimalkan lingkungan (environment) untuk menunjang stabilitas mood sehari-hari.

Menurut Chitra, beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga mood tetap positif, antara lain mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga, berpakaian warna cerah dengan wangi yang disukai, beristirahat dengan cukup, dan beribadah secara rutin. Tidak hanya itu, untuk menjalani berbagai peran yang dimiliki, tentunya ibu perlu memiliki kemampuan membagi waktu dengan baik. Chitra juga menjelaskan bahwa dalam menyusun jadwal, sebaiknya menentukan prioritas kegiatan mana yang dilakukan di satu waktu.

“Hindari multitasking, yaitu mengerjakan beberapa kegiatan dalam satu waktu, karena berdasarkan penelitian, multitasking justru dapat menghambat produktivitas. Selain itu, penting untuk menjadwalkan waktu istirahat pribadi dan meluangkan waktu minimal 15 menit per hari untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anak,” tambahnya. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN