Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Indah Catur Agustin dan produk Sleep Buddy yang diolah dari limbah kain

Indah Catur Agustin dan produk Sleep Buddy yang diolah dari limbah kain

Indah Catur Ubah Limbah Kain Menjadi Produk Rumah Tangga  

Jumat, 26 November 2021 | 21:39 WIB
Mardiana Makmun (mardiana@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – Limbah kain dari industri tekstil menjadi salah satu penyumbang sampah yang cukup tinggi di Indonesia. Indah Catur Agustin mengubah limbah kain menjadi produk rumah tangga yang bernilai tinggi.

“Melalui Sleep Buddy, saat ini saya tengah concern pada lingkungan. Selain fokus pada produksi, Sleep Buddy juga peduli pada limbah yang dihasilkan. Bahan dasar dari potongan-potongan kain dari sisa produksi diolah kembali menjadi produk baru yang tetap berkualitas dan unik. Sleep Buddy ingin memberikan kesempatan bagi setiap helai kain untuk dapat memiliki umur yang lebih panjang,” ujar Indah Catur Agustin, founder Sleep Buddy dalam keterangan tertulis.

Indah menjelaskan, limbah yang dimaksud adalah berupa potongan-potongan kain yang tidak  memenuhi standart kualitas atau sisa kain setelah digunakan dalam produksi. 

“Di Indonesia tak banyak pelaku industri tekstile yang memanfaatkan sisa kain menjadi barang yang  berguna. Akibatnya sisa kain berakhir menjadi limbah yang tentunya akan mencemari ligkungan,” ujar Indah. 

Pada 2009, Indah pun mengolah limba sisa kain dari perusahaan tekstil. Dengan memanfaatkan limbah kain yang tersisa dari proses produksi pembuatan sprei atau selimut, Sleep Buddy membuat alternatif material baru dengan mendaur ulang potongan-potongan kain sisa produksi untuk dimanfaatkan kembali menjadi produk-produk dengan kualitas tinggi dan unik. Diantaranya dibuat menjadi cushion, table runner, dan throw blanket yang semuanya berbahan dari sisa kain yang tak terpakai.

“Langkah ini saya lakukan agar bumi tidak tertumpuk oleh limbah kain setiap harinya. Dan tentunya memberikan kesempatan bagi kain yang tak terpakai agar bermanfaat kembali,” ujar Indah yang bekerja sama secara eksklusif dengan Tokopedia.

Editor : Mardiana Makmun (mardiana.makmun@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN