Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Handarin, Kelas Online Bahasa Mandarin  sebagai solusi pembelajaran bahasa Mandarin yang lebih efektif.

Handarin, Kelas Online Bahasa Mandarin sebagai solusi pembelajaran bahasa Mandarin yang lebih efektif.

Handarin Siapkan Kelas Online Private dan Semi-Private untuk Belajar Bahasa Mandarin Lebih Efektif

Kamis, 17 Februari 2022 | 09:03 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id Kelas Online Bahasa Mandarin dilihat sebagai solusi pembelajaran bahasa Mandarin yang lebih efektif.

Selain efektif waktu dan biaya juga efektif dalam proses penyerapan materi. Pendapat ini disampaikan oleh Dennis Ong, salah satu pengajar di kelas E-Learning Handarin. 

“Semakin sedikit peserta belajar maka semakin efektif. Itulah kenapa kami hanya menyediakan kelas private dan semi-private, ” kata Denis dalam keterangan tertulisnya, Kamis (17/2).

Kelas private Handarin merupakan kelas 1 on 1. Kelas ini hanya terbuka untuk 1 peserta didik dengan 1 guru. Pertemuan lebih fleksibel dimana peserta didik dapat mengatur waktu lebih fleksibel. Kelas semi-private menyediakan kelas online untuk 3-5 orang peserta. Kelas ini fokus pada materi dasar hingga intermediate.

Dengan adanya pembatasan jumlah, peserta didik memiliki perhatian yang sama dari pendidik. Ini juga berlaku bagi mereka yang sering minder saat belajar bahasa mandarin di lingkungan pendidikan formal. Pertemuan online dalam kelompok kecil, menurut Dennis, membantu peserta didik lebih percaya diri dan antusias. 

Semakin banyaknya interaksi lintas bahasa khususnya bahasa Indonesia-Mandarin berdampak pada kebutuhan terhadap tenaga kerja berkemampuan bahasa mandarin. Lingkungan kerja dan bisnis saat ini terisi pula tenaga kerja luar termasuk Tiongkok. 

Bahasa Mandarin pergaulan diperlukan untuk memperlancar komunikasi termasuk diantaranya menerjemahkan apa yang disampaikan oleh tenaga kerja asing kepada masyarakat Indonesia. Keterbatasan berbahasa Indonesia oleh para pekerja luar membuat perusahaan membutuhkan interpreter

Bahasa Profesional Bisnis

Bahasa bisnis dibutuhkan dalam lingkup bisnis. Menurut Dennis, kegiatan bisnis yang melibatkan kerja sama dengan pengusaha dan perusahaan asal Tiongkok mutlak memerlukan kemampuan berbahasa mandarin. Dalam bahasa mandarin bisnis ini, peserta didik belajar bagaimana bahasa Bisnis Mandarin di pakai. Termasuk istilah-istilah yang dipakai. 

Handarin menyediakan kursus online yang fleksibel. Peserta bisa mengatur jadwal belajar yang disesuaikan dengan kesibukan kerja.

Pada kelas semi-private misalnya, peserta bisa memilih belajar bersama kelompok belajar yang memiliki waktu sibuk yang sama. Misalkan para pekerja kantor yang tidak mungkin belajar pada jam aktif kantor. Mereka bisa memilih kelas pada sore hari atau hari sabtu. 

Bila peserta memerlukan waktu dan kebutuhan khusus berbahasa Mandarin, kelas private bisa jadi pilihan. Dalam kelas private, e-learning dilakukan sesuai apa yang memang menjadi fokus peserta didik.

Saat ini Handarin telah memiliki 3 pengajar yang semuanya merupakan lulusan universitas Tiongkok. Dennis Ong adalah lulusan Beijing Chinese Language and Culture College, Henan Polytechnic university. Enriko Setiawan lulusan Anhui University. Sementara Vivi  adalah lulusan Beijing Chinese Language And Culture College, Zhejiang Normal University.

Ketiga pengajar tersebut sama-sama pernah merasakan kehidupan sosial dan budaya Tiongkok. Dengan demikian, pendekatan pembelajaran dari mereka tidak textbook. Pengalaman selama di Tiongkok mampu membuat para pengajar memberikan materi yang kontekstual dan relevan.

Dennis menilai Handarin masih menjadi satu-satunya kelas kursus online bahasa Mandarin dengan kurikulum ter-update. Fokusnya adalah untuk memampukan peserta didik menggunakan bahasa Mandarin dalam pergaulan dan dalam berbisnis secara aktif. 



 

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)

BAGIKAN