Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Siloam Hospitals Kupang menyediakan penanganan penyakit jantung dan pembuluh darah melalui pengadaan layanan unit kateterisasi atau Cath Lab
sumber: Istimewa

Siloam Hospitals Kupang menyediakan penanganan penyakit jantung dan pembuluh darah melalui pengadaan layanan unit kateterisasi atau Cath Lab sumber: Istimewa

Siloam Hospitals Kupang Sediakan Cath Lab Kateterisasi Jantung

Sabtu, 28 Mei 2022 | 10:30 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

KUPANG, investor.id - Siloam Hospitals Kupang menyediakan penanganan penyakit jantung dan pembuluh darah melalui pengadaan layanan unit kateterisasi atau Cath Lab. Pelayanan tersebut telah dihadirkan sejak awal 2022.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Siloam Hospitals Kupang dr Magma Purnawan Putra SpJP(K) mengatakan, pihaknya telah membuka layanan kateterisasi jantung sejak awal tahun 2022. “Dengan layanan Cath Lab, masyarakat tidak perlu lagi bepergian jauh dari kota Kupang. Secara kualitas dan layanan, kami optimalkan sama seperti kota besar lainnya," ungkap dr Magma dalam keterangan pers, Jumat (27/05/2022).

Baca juga: SUNterra Bidik Kapasitas Proyek PLTS Atap Capai 5 MWp pada 2022

Menurut dr Magma, derdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, angka kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Setidaknya, 15 dari 1.000 orang atau saat ini terdapat 4,2 juta orang yang menderita penyakit kardiovaskular, dan 2.784.064 diantaranya menderita penyakit jantung. Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) melaporkan 14,4% sebab kematian di Indonesia adalah penyakit jantung koroner.

Dr Magma menambahkan, penyakit ini perlu diwaspadai oleh masyarakat, dan ketersediaan layanan kesehatan untuk pencegahan dan penanganannya sangat diperlukan. Utamanya, apabila terjadi serangan jantung yang mendadak, maka penanganan yang cepat dan tepat adalah kuncinya. Hingga saat ini sebagian besar masyarakat NTT masih memilih layanan Cathlab di kota besar lain, padahal kasus serangan jantung bisa berakibat fatal dan membutuhkan penanganan segera.

Baca juga: Harga CPO Berguguran di Akhir Pekan

"Kateterisasi jantung dilakukan untuk mendiagnosis dan menangani berbagai masalah pada jantung secara minimal invasif. Contohnya tindakan pasang ring yang mungkin sering dikenal orang sebagai prosedur untuk membuka pembuluh darah jantung yang tersumbat," tutur dr Magma.

Dengan dibukanya layanan fasilitas kateterisasi jantung ini, Siloam Hospitals Kupang semakin memantapkan komitmen untuk menyediakan kualitas pelayanan berstandar internasional tapi juga terjangkau bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur.

Selain Cath Lab, pada April 2022 Siloam Hospitals Kupang juga telah menambah layanan mammografi sebagai gold standard pemeriksaan deteksi dini kanker payudara dan pada pertengahan tahun, berencana untuk membuka layanan MRI. Dengan demikian, warga kota Kupang sendiri tidak perlu jauh-jauh ke luar pulau dan menghabiskan biaya besar untuk memenuhi kebutuhan pengobatannya.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN