Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tampilan mobile ESS Mekari Flex yang bisa diakses karyawan melalui smartphone

Tampilan mobile ESS Mekari Flex yang bisa diakses karyawan melalui smartphone

Teknologi Absensi Online Memudahkan Pemeriksaan Kehadiran Karyawan

Sabtu, 28 Mei 2022 | 01:01 WIB
F Rio Winto (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Teknologi absensi online membantu memudahkan pemeriksaan kehadiran karyawan. Ada beberapa manfaat dari absensi online.

“Talenta membantu kami dalam mengelola jadwal shift, terutama perusahaan kami memiliki banyak lokasi store. Dengan menggunakan Talenta, kami dapat memantau kondisi karyawan di lapangan lebih mudah,” ujar Marsha, HRD Fore Coffee dalam keterangan resmi, Minggu 29 Mei 2022.

Kehadiran sistem absensi online dinilai mempunyai banyak manfaat bagi perusahaan dan karyawannya. Pertama, lebih hemat biaya. Absensi online tidak memerlukan perangkat fisik mesin absensi dan pemasangan sistem yang tentunya akan memberi nilai positif pada perusahaan, salah satunya menghemat pengeluaran perusahaan.

Kehadiran aplikasi absensi online memberikan fleksibilitas. Perusahaan hanya perlu mendaftar, mengunduh aplikasi, dan menggunakannya menggunakan smartphone atau laptop. Dengan penerapan sistem ini, karyawan tidak perlu repot datang ke kantor hanya untuk melakukan absensi.

Kedua, dipantau secara real time. Aplikasi absensi online ini akan selalu terkoneksi dengan internet sehingga kemampuan untuk memantau data pun akan dilakukan secara real time.

Ketiga, sistem absen online minim kecurangan. Absensi online biasanya menerapkan teknologi Global Positioning System (GPS) dan biometrik sehingga minim kecurangan. Teknologi ini akan memverifikasi kehadiran karyawan di suatu tempat.

Selain itu, posisi pengguna aplikasi akan memberi informasi keberadaannya yang terlacak dengan teknologi GPS. Aplikasi yang dianggap lebih simpel dan fleksibel ini sebenarnya lebih aman digunakan karena minim kecurangan. Karyawan atau siapa pun tidak bisa memanipulasi atau mengubah data absensi karena data digital yang ada akan dienkripsi dan disimpan dengan aman.

Keempat, perhitungan jam kerja yang lebih akurat. Sistem absensi yang dilakukan secara online akan membuat perhitungan jam kerja menjadi lebih akurat. Sebab, waktu yang dipakai akan tersinkron secara otomatis dengan waktu yang berlaku di semua perangkat.

Kelima, rekapitulasi menjadi lebih mudah. Sistem absensi online akan memudahkan pencatatan dan rekapitulasi data. Begitu pula dengan data kehadiran, ketidakhadiran, hingga keterlambatan akan tercatat otomatis tanpa perlu memindahkannya secara manual.

Editor : F Rio Winto (rio_winto@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN