Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi model bekerja hybrid. ( Foto: Istimewa )

Ilustrasi model bekerja hybrid. ( Foto: Istimewa )

Gaya Hidup Hybrid Working Jadi Tren Pasca Pandemi Covid-19

Selasa, 19 Juli 2022 | 10:08 WIB
Lona Olavia (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia sejak Maret 2020 lalu, telah membuat sistem bekerja mulai berubah. Masyarakat tidak lagi fokus berkegiatan di luar rumah, tetapi bisa menunaikan kewajibannya dari dalam rumah maupun lokasi lainnya.

Terkait hal itu, desainer interior Lea Aviliani Aziz mengatakan, konsep yang disebut sebagai hybrid working ini telah menjadi gaya hidup masa kini. Konsep ini menawarkan pendekatan baru, di mana perusahaan secara terbuka memberikan fleksibilitas kepada karyawan untuk menerapkan sistem kerja yang dinilai paling efektif.

"Para karyawan dapat memilih untuk bekerja dari kantor atau dari rumah," ujar Lea dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/7/2022).

Baca juga: Zoom Ungkap Profesional Suka Bekerja Hybrid dan Fleksibel

Lea melanjutkan, hybrid working merupakan solusi dari kegelisahan karyawan dalam batasan yang ada karena pandemi yang merubah pola pikir di dalam area kerja. Kebutuhan tempat yang lebih pribadi, ergonomis, space saver furniture, dan pemanfaatan teknologi menjadi kunci, karena desain dan teknologi akan saling menyempurnakan.

"Tren ini membuat kebutuhan ruang kantor menjadi berkurang. Selain itu, menarik karyawan untuk kembali bekerja di kantor juga menjadi tantangan lain karena karyawan sebelumnya telah terbiasa untuk bekerja di rumah," jelasnya.

Menurutnya, keuntungan menerapkan hybrid working adalah waktu yang dimiliki seseorang tidak terbuang, sehingga lebih efisien. Dalam satu waktu bersamaan, seseorang dapat menuntaskan kegiatannya meski berada di tempat yang berbeda.

Baca juga: 7 Strategi Memaksimalkan Tren Kerja Hybrid

"Jadi, karyawan tidak perlu terburu-buru jam sekian harus pergi ke kantor, tapi dengan hybrid working ini memiliki kualitas kerja yang lebih tinggi dibanding sebelum pandemi," katanya.

Sementara itu Managing Director Vivere Group William Simiadi menyebutkan, perusahaan tetap memastikan komunikasi dan kolaborasi dengan tim berjalan baik ketika menerapkan konsep hybrid working.

Perwakilan Vinoti Office Maria Natalia menyebutkan karyawan memilih untuk bekerja di kantor, perusahaan perlu menciptakan suasana kerja yang nyaman dan aman, sehingga mereka dapat bekerja dengan semangat, kreatif dan produktif tanpa rasa takut.

 

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com