Menu
Sign in
@ Contact
Search
Suasana peluncuran paket seri

Suasana peluncuran paket seri "Nusantara Papercraft Kit" oleh Yayasan Peri Kertas di Trans Studio Mall Cibubur, Jawa Barat. ( Foto: Istimewa )

Yayasan Peri Kertas Bagikan 2.000 Paket Seri "Nusantara Papercraft Kit" 

Jumat, 19 Agustus 2022 | 13:35 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Yayasan Peri Kertas Nusantara meluncurkan paket seri “Nusantara Papercraft Kit” dan membagikan secara gratis dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-77, yang jatuh pada 17 Agustus. Menurut Ketua Yayasan Peri Kertas Nusantara Rauf Raphanus, visi utama dari komunitas ini adalah untuk menjadikan papercraft sebagai kegiatan yang edukatif, menyenangkan dan bermanfaat.

Sebagai bentuk kontribusi untuk melestarikan budaya Indonesia maka Yayasan Peri Kertas membagikan 2.000 paket “Nusantara Papercraft Kit” secara gratis melalui institusi-institusi terkait pendidikan dan kebudayaan di Indonesia.

Baca Juga: Sampah Botol Plastik Jadi Karya Seni Billboard

Rauf mengatakan “Nusantara Papercraft Kit” merupakan salah satu program yang bertujuan mengedukasi dan mempromosikan kekayaan budaya Indonesia melalui karya seni model kertas 3 dimensi. Seri “Nusantara Papercraft Kit” tahap pertama ini terdiri atas 10 provinsi di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Papua, Kalimantan Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Setiap paket terdiri atas papercraft rumah adat, bangunan terkenal (landmark) dan pakaian adat dari masing-masing daerah yang dapat dirangkai menjadi sebuah diorama. Seri ini juga diperkaya dengan informasi budaya dari masing-masing papercraft yang dirakit.

“Sebagai simbolisasi, dalam acara peluncuran ini kami menyerahkan 250 paket 'Nusantara Papercraft Kit' kepada lima institusi, yaitu Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Perpustakaan Jakarta, Jaringan Sekolah Alam Nusantara dan Perwakilan Reconnecting With Your Culture (RWYC) Indonesia,” ujar Rauf.

Baca Juga: KSP: Busana Adat Bangka Belitung Lambang Kerukunan Budaya Indonesia

Ia juga mengungkapkan harapannya bahwa “Nusantara Papercraft Kit” dapat menjadi salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan keragaman budaya, pariwisata dan keunikan yang ada di Indonesia ke masyarakat luas. “Semoga kegiatan ini dapat berlanjut dan mendapat dukungan dari semua pihak, baik pemerintah, instansi pendidikan dan juga komunitas-komunitas yang ada di Indonesia,” tuturnya.

Peluncuran “Nusantara Papercraft Kit” tersebut masuk dalam rangkaian acara We are ID yang diselenggarakan oleh Trans Studio Mall Cibubur selama 1 bulan untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI. Terdapat pula papercraft ukuran raksasa yang berbentuk busana adat asal Kalimantan Timur setinggi 1,5 meter yang dipamerkan di area ground floor Trans Studio Mall Cibubur.

Baca Juga: Pemuda untuk Planet Layak Huni Jadi Fokus Pra-KTT III Y20 di Kalimantan Timur

Adapun seremoni peluncuran “Nusantara Papercraft Kit” yang turut dihadiri oleh Direktur Musik Film dan Animasi Kementeria Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Dr. Mohammad Amin, S.sN., M.Sn., MA; Kepala Pokja Diplomasi Budaya dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI Yusmawati serta Kepala Bidang Perluasan Pasar UKM Kementerian Koperasi dan UKM RI Agni Iswarani. Hadir juga Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta, Drs. Suryanto, M.Si dan tokoh pengamat kebijakan publik Agus Pambagio. Selain itu, ketua dan pendiri ari beberapa komunitas yang bergerak di bidang kebudayaan, pendidikan, parenting dan literasi pun turut hadir.

Sebagai informasi, Komunita Peri Kertas yang dibangun pada 2008 merupakan komunitas papercraft terbesar di Indonesia dengan jumlah anggota lebih dari 20.000 orang yang tersebar di 43 regional basis kota se-Indonesia. Pada 2021, Peri Kertas berhasil masuk dalam Facebook Community Accelerator Program, sebuah program yang membantu para pemimpin komunitas mewujudkan gagasan yang mempunyai dampak menjadi tindakan dengan memanfaatkan kekuatan komunitasnya. Dan “Nusantara Papercraft Kit” merupakan salah satu inisiatif dari Peri Kertas dalam program ini.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com