Menu
Sign in
@ Contact
Search
Kunjungan Pijar Foundation. Deputy CEO BeritaSatu Media Holdings (BSMH) Anthony Wonsono (ketiga kanan), didampingi Pemimpin Redaksi Investor Daily Primus Dorimulu (kedua kanan) dan Pemimpin Redaksi beritasatu.com Aditya Laksmana Yudha (kanan) menerima cendramata dari Direktur Pijar Foundation Indra Dwi Prasetyo (ketiga kiri), yang didampingi Direktur Eksekutif Pijar Foundation Ferro Ferizka Aryananda (kedua kiri), dan Direktur Global Future X Cazadira Fediva Tamzil, saat kunjungan Pijar Foundation ke redaksi BSMH, di Jakarta, Jumat (2/9/2022). Pijar Foundation adalah sebuah organisasi nirlaba yang mengkatalisasi inisiatif-inisiatif masa depan melalui

Kunjungan Pijar Foundation. Deputy CEO BeritaSatu Media Holdings (BSMH) Anthony Wonsono (ketiga kanan), didampingi Pemimpin Redaksi Investor Daily Primus Dorimulu (kedua kanan) dan Pemimpin Redaksi beritasatu.com Aditya Laksmana Yudha (kanan) menerima cendramata dari Direktur Pijar Foundation Indra Dwi Prasetyo (ketiga kiri), yang didampingi Direktur Eksekutif Pijar Foundation Ferro Ferizka Aryananda (kedua kiri), dan Direktur Global Future X Cazadira Fediva Tamzil, saat kunjungan Pijar Foundation ke redaksi BSMH, di Jakarta, Jumat (2/9/2022). Pijar Foundation adalah sebuah organisasi nirlaba yang mengkatalisasi inisiatif-inisiatif masa depan melalui "collaborative governance" - koalisi sektor publik, swasta, dan komunitas. BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Pijar Foundation Dorong Sinergi Antar Sektor di Transisi Energi Lewat GFF

Jumat, 23 September 2022 | 09:30 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Pijar Foundation dorong sinergi antar sektor di transisi energi lewat program Global Future Fellows (GFF). Untuk itu, sejumlah 36 profesional Indonesia dari sektor publik, privat, dan komunitas masyarakat terpilih sebagai fellow. Para fellow, yang disebut sebagai GFFellows, akan mengikuti rangkaian Panel Talk dan masterclass yang diampu 30 figur kenamaan Indonesia dan dunia, serta networking pada 26-30 September 2022 di Bali.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Rachmat Kaimuddin, mendukung penuh program GFF, sejalan dengan komitmen pemerintah Indonesia dalam mendorong penurunan emisi. Transisi energi merupakan isu yang sangat kompleks, dan tata kelola kolaboratif (collaborative governance) adalah solusi yang penting. Ada berbagai prioritas kebijakan Pemerintah yang dapat disinergikan dengan sektor privat dan komunitas masyarakat.

Baca juga: Pijar Foundation Dorong Perguruan Tinggi Gunakan Dosen dari Korporasi

“Bersama kita perlu memanfaatkan peluang transformasional dari transisi energi, baik dari segi manfaat ekonomi maupun kesehatan publik dan lingkungan,” ujar Rachmat dalam keterangan pers, Jumat (23/9/2022).

Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Arsjad Rasjid pun mendukung program ini, sejalan dengan prioritas KADIN untuk menghindari kerusakan permanen terhadap masyarakat dan planet di tengah ketegangan geo-ekonomi global. “Mencapai emisi karbon nol membutuhkan transformasi ekonomi dan perilaku masyarakat yang luar biasa, sekaligus inovasi teknologi dalam skala besar. Bisnis menjadi pendorong fundamental dalam pengembangan teknologi, dan kami mendorong terus sinergi antara inovasi dan kebijakan,” kata Arsjad.

Baca juga: Pijar Mahir Tawarkan Program Pelatihan hingga Konser Metaverse

Direktur GFF Cazadira F Tamzil mengatakan, pemerintah Indonesia memiliki target-target transisi energi yang kuat, namun pencapaiannya akan lebih berkelanjutan jika didukung oleh aksi-aksi nyata. “Kami berharap program ini menghasilkan Rencana Aksi Bersama (Action Roadmap) berisi ide-ide kolaborasi multisektoral, khususnya terkait teknologi dan talenta, pembiayaan, dan pemerataan transisi energi,” tambahnya.

Action roadmap GFF 2022, yang mengonsolidasikan hasil pembelajaran selama program, akan dikoordinasikan dengan para pembuat kebijakan kunci dalam sesi penutupan GFF di Jakarta di bulan Oktober 2022. Pijar Foundation berharap program GFF dapat mendorong penguatan jaringan pemecah masalah yang berkomitmen mengimplementasikan Action Roadmap yang telah disepakati.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com