Menu
Sign in
@ Contact
Search
Pesepeda gunung melaju saat balapan pada acara

Pesepeda gunung melaju saat balapan pada acara "Mountain Bike Indonesia" di Gunung Pinang Bike Park, Cilegon, Banten, Minggu 25 September 2022. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc

Enam Komunitas Sepeda Gunung Terbesar Gagas Mountain Bike Indonesia

Minggu, 25 September 2022 | 23:37 WIB
Fajar Widhiyanto (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id – Kegiatan gathering para penggemar olahraga sepeda gunung di Indonesia dengan tajuk “Mountain Bike Indonesia” digagas untuk pertama kalinya pada Minggu, 25 September 2022. Berlokasi di Gunung Pinang Bike Park, Serang, Banten, kegiatan ini diikuti lebih dari 200 peserta dari Jabodetabek dan berbagai daerah lain di Indonesia.

Digagas oleh enam komunitas penggemar olahraga sepeda gunung terbesar di Indonesia, ditujukan untuk mendorong kampanye gaya hidup sehat dengan berolahraga khususnya olahraga sepeda. Adapun keenam komunitas tersebut adalah; Santa Cruz Indonesia, Yeti Tribe Indonesia, Trek ID, Patrol ID, Orbea Indonesia dan Specialized Riders Indonesia (Spider).

Ketua Klub Santa Cruz Indonesia, Aldino Reviera, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang menggabungkan penggemar sepeda gunung dari berbagai komunitas dan pabrikan sepeda di Indonesia. Tujuannya adalah untuk mempererat silaturahmi antar penggemar sepeda gunung di Indonesia, selain, seluruh anggota kami berkomitmen untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat dengan berolahraga. "Dengan demikian, kami harap dapat berkontribusi demi perkembangan olahraga sepeda khususnya Downhill di Indonesia," kata Aldino.

Perkembangan olahraga sepeda gunung khususnya di cabang Downhill di Indonesia memang tak dapat dianggap remeh. Para atlit andalan Indonesia telah mampu berbicara banyak di ajang level ASEAN, ASIA bahkan berbagai kejuaraan dunia yang termasuk dalam kalender Union Cycliste Internationale/UCI (Federasi olahraga sepeda dunia).

Ketua Klub Trek ID, Indra Dhani mengatakan, perkembangan olahraga sepeda di Indonesia tak bisa dilepaskan dari keberadaan komunitas-komunitas yang tersebar di seluruh Indonesia. Penyaluran hobi dan talenta bersepeda melalui komunitas ini juga menjadi pemantik munculnya bibit-bibit atlit olahraga sepeda, tidak hanya untuk disiplin olahraga sepeda gunung, tapi disiplin olahraga sepeda lain seperti cross country (XC), BMX, Time Trial, dll. "Sehingga harapannya, semakin banyak bibit olahragawan yang ada, semakin besar peluang olahraga sepeda untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah olahraga tingkat dunia," kata Indra.

Ke depan, enam komunitas penggagas kegiatan ini berkomitmen untuk terus mengkampanyekan gaya hidup sehat dengan mengadakan berbagai kegiatan yang dapat berkontribusi dalam memajukan olahraga sepeda di Indonesia. Namun, hal ini juga membutuhkan dukungan dari semua pihak, tidak hanya para penggemar olahraga sepeda di Indonesia namun juga Pemerintah, kalangan swasta dan masyarakat secara umum.

“Kami percaya Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk dapat berbicara banyak khususnya di kejuaraan Internasional. Untuk itu saat ini sangat dibutuhkan kolaborasi dari seluruh pihak terkait untuk dapat memajukan olahraga sepeda di dalam negeri. Kami memulainya dengan gathering ini yang sekaligus menjadi menjadi ajang pertukaran informasi dan gagasan dalam memajukan olahraga sepeda nasional,” tutup Aldin.

Kegiatan Mountain Bike Indonesia ini juga didukung oleh beberapa Partner Lokal pesepeda yaitu Journalist MTB, Patrol Moutainbikes, Sram, Vittoria, Seven Design, Boistois, Sportindent timing, Custom ID Mudguard, Good Ride Café dan minuman hidrasi Ichi Tan.

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com