Menu
Sign in
@ Contact
Search
kiri ke kanan: Team Leader CSR United Tractors, Dimas Aryo Wicaksono, Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari, Ketua Umum Pengurus Nasional Forum CSR Indonesia sekaligus Ketua Dewan Juri Padmamitra Award 2022, Mahir Bayasut, Ketua Organizing Comitee Padmamitra Award 2022, Rio Zakarias Widyandaru, Head of CSR PT Astra International, Bima Krida Pamungkas dan Dewan Juri Padmamitra Award 2022 Achmad Adhitya saat Press Conference Kick Off Padmamitra Award 2022

kiri ke kanan: Team Leader CSR United Tractors, Dimas Aryo Wicaksono, Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari, Ketua Umum Pengurus Nasional Forum CSR Indonesia sekaligus Ketua Dewan Juri Padmamitra Award 2022, Mahir Bayasut, Ketua Organizing Comitee Padmamitra Award 2022, Rio Zakarias Widyandaru, Head of CSR PT Astra International, Bima Krida Pamungkas dan Dewan Juri Padmamitra Award 2022 Achmad Adhitya saat Press Conference Kick Off Padmamitra Award 2022

Padmamitra Award 2022 Mencari Program CSR Tepat Guna dan Berkelanjutan

Jumat, 7 Oktober 2022 | 23:06 WIB
Mardiana Makmun (mardiana@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id –Padmamitra Award 2022 siap digelar oleh Forum CSR Indonesia. Ajang ini akan memberi penghargaan bagi pelaku program tanggung jawab sosial/CSR yang tepat guna dan berkelanjutan di 15 kategori.

“Tema yang diusung pada Padmamitra Award 2022 adalah Creating Social Empowerment towards Sustainability. Tema ini kami pilih karena melihat tren global yang menuju keberlanjutan melalui Pemberdayaan Sosial. Selain itu, disesuaikan juga dengan tema Presidensial G20 yang dilaksanakan di Indonesia yakni ‘Recover Together, Recover Stronger’,” ujar Ketua Umum Pengurus Nasional Forum CSR Indonesia sekaligus Ketua dewan juri Padmamitra Award 2022,  Dr Ing Ir Mahir Bayasut, ST MM-CSR saat jumpa pers di Jakarta, 27 September 2022 lalu.

“Tema tersebut diharapkan dapat merangsang kinerja CSR perusahaan,” tambah Ketua Organizing Comitee Padmamitra Award 2022, Rio Zakarias Widyandaru, ST, MM (Sustainability).

Perwakilan perusahaan calon peserta Padmamitra Award 2022, Head of CSR PT Astra International, Bima Krida Pamungkas, S.T berharap Padmamitra Award 2022 menjadi dorongan agar setiap perusahaan, badan usaha dan yayasan untuk lebih meningkatkan program CSR yang berkelanjutan sesuai dengan SDG’s.

“Semoga program-program CSR nantinya bisa saling bersinergi dan berkolaborasi, Selain itu, perusahaan yang berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan sosial diberikan apresiasi dan dapat menjadi role model serta percontohan untuk perusahaan-perusahaan lainnya,” ujar Bima.

Bima menyontohkan, Astra International memiliki program Desa Sejahtera berbasis produk unggulan desa tersebut. “Ada 160 desa yang kami tingkatkan produknya menjadi berskala ekspor,” kata Bima.

Salah satunya produk kopra di desa di Indragiri Hilir, Riau. “Harga kopra yang tadinya hanya Rp1.200 per kopra, kita olah lagi menggunakan solar dryer sehingga harga jualnya naik jadi Rp7-8 ribu per kopra,” terang Bima.

CSR Manager United Tractors Tbk Dimas Aryo Wicaksono berharap dari keikutsertaan acara ini, program CSR nya mendapat review dan masukan agar kualitas program menjadi lebih baik. “Saat ini kami punya program yang masih running di desa yang menjadi korban Gunung Semeru meletus di Lumajang, Jawa Timur. Saat warga direlokasi, ternyata ada masalah lokasi sekolah SD yang menjadi jauh dari rumah warga, sekitar 8-10 km. Karena itu kami membangun sekolah berkolaborasi dengan bupati Lumajang,” ungkap Dimas.

Target 100 Perusahaan

Padmamitra Award 2022 yang digelar setiap 2 tahun, terdiri dari 15 kategori meliputi tujuh kategori utama dan delapan kategori tematik. Adapun kategori tematik yang baru diterapkan pada Padmamitra Award 2022 ini merupakan kategori tambahan yang mencakup bidang Peningkatan Pendidikan Berkualitas, Kesehatan, Pelestarian Seni dan Budaya, Keagamaan yang Inklusif, Kewirausahaan, Infrastruktur, Pelestarian Lingkungan dan Bidoiversity, serta Ekonomi Digital.

Rio Zakarias Widyandaru memaparkan pendaftaran Padmamitra Award 2022 akan dibuka pada 27 September – 21 Oktober 2022. Sementara seleksi berkas administrasi dijadwalkan pada 22 – 25 Oktober 2022. Untuk tahapan wawancara dan visitasi lapangan akan dilaksanakan pada 26 Oktober – 3 November 2022. Pengumuman pemenang dan penganugerahan Padmamitra Award 2022 akan menjadi puncak acara yang dilakukan pada November 2022.

“Kami menargetkan jumlah peserta minimal 100 perusahaan yang terdiri dari perusahaan swasta dan perusahaan negara (BUMN/BUMD) yang bersifat legal-formal (memiliki izin usaha, terdaftar) serta sudah melakukan kegiatan CSR berbasis ISO 26000 minimal dalam kurun waktu 2 tahun terakhir,” tutur Rio.

Proses seleksi perusahaan nantinya akan dilakukan oleh Ketua dewan juri Padmamitra Award 2022, Mahir Yahya Bayasut dan dibantu oleh juri lainnya yakni Staf Khusus Menteri Bidang Pemerlu Pelayanan dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial, Ir. Luhur Budijarso , Prof. Dr. Fasli Jalal, Ph.D., (Rektor Universitas YARSI), Suryani S. Motik (Wakil Ketua Umum KADIN Bidang Sosial), Amalia Yunita (Praktisi CSR dan Keberlanjutan), Jalal (Co-Founder A+ CSR Indonesia) dan Achmad Adhitya, Phd (Direktur Pijar Foundation & ). Adapun untuk acuan prosentase penilaiaan meliputi: dokumen administrasi (30%), wawancara (40%), dan visitasi lapangan (30%).

Editor : Mardiana Makmun (mardiana.makmun@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com