Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ritsu Doan (kiri) dan Takuma Asano. (Foto: AFP)

Ritsu Doan (kiri) dan Takuma Asano. (Foto: AFP)

Ternyata, 2 Gol Jepang Dicetak Pemain yang Merumput di Liga Jerman

Rabu, 23 November 2022 | 23:56 WIB
Bernadus Wijayaka (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Jepang menumbangkan Jerman 2-1 pada Grup E Piala Dunia 2022, Rabu (23/11/2022) malam. Dua gol itu dicetak pemain yang mencari nafkah di Liga Jerman.

Gol pertama Jepang dicetak pemain pengganti Ritsu Doan pada menit ke-75. Ritsu Doan baru masuk lapangan selama empat menit.

Ritsu Doan bergabung dengan klub Liga Jerman SC Freiburg tahun ini. Winger berusia 24 ini baru bermain enam kali dengan dua gol.

Baca juga: Piala Dunia 2022: Kejutan Lagi! Jepang Tumbangkan Jerman

Adapun gol kedua Jepang dipersembahkan pemain pengganti lainnya, Takuma Asano pada menit ke-83. Sama seperti Ritsu Doan, Takuma Asano juga bermain di Liga Jerman.

Namun bedanya, jika Ritsu Doan baru bermain di Liga Jerman musim ini, Takuma Asano sudah sejak 2016.

Pemain berumur 28 tahun ini pernah membela VfB Stuttgart pada 2016-2018 dan Hannover 96 pada 2018-2019. Setelah bermain di Liga Serbia bersama Partizan, Takuma Asano kembali ke Liga Jerman dengan membela Vfl Bochum sejak 2021.

Baca juga: Airlangga Hartarto Sedih Argentina Kalah dari Arab Saudi

Kembali ke pertandingan perdana Grup E, Jerman unggul terlebih dahulu lewat gol yang dicetak oleh Ilkay Gundogan pada menit ke-33 dari titik penalti.

Penalti didapat Jerman setelah kiper Shuichi Gonda melanggar pemain Jerman di kotak terlarang.

Para pemain timnas Jerman tertunduk seusai dikalahkan Jepang 1-2 dalam penyisihan Grup E Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Rabu, 23 November 2022.

Pertandingan Jerman vs Jepang berjalan dalam tempo cepat sejak awal. Jepang sempat mengimbangi permainan Jerman. Bahkan, sempat mencetak gol lewat Daizen Maeda. Sayangnya, gol dianulir lantaran offside.

Setelah itu, para pemain Jerman membuat Jepang bekerja keras karena gelombang serangan bertubi-tubi.

Baca juga: Piala Dunia 2022: Enner Valencia dan Modal Ekuador Kontra Belanda-Senegal

Para pemain Jerman membuat skuad Jepang menderita. Hampir semua pemain Samurai Biru turun ke daerah pertahanan untuk melindungi gawang mereka.

Sebuah kesalahan dilakukan kiper Gonda. Dia menghentikan pemainn Jerman di kotak terlarang. Wasit pun tidak ragu menujuk titik penalti. Dengan mudah Gundogan mencetak gol.

Baca juga: Argentina Ditekuk Arab Saudi, Messi Bilang Begini

Kai Havertz hampir saja mencatatkan namanya di papan skor jika saja golnya pada menit ke-45 tidak dianulir. Pemain Chelsea ini sudah berdiri offside saat menerima sodoran bola.

Pertandingan Jerman vs Jepang tersebut merupakan yang pertama Grup E Piala Dunia 2022. Pertarungan berlangsung di Stadion Internasional Khalifa.

Pertemuan Jerman vs Jepang tersebut merupakan yang pertama di Piala Dunia.

Sebelumnya, kedua tim hanya bertemu di ajang persahabatan. Dari dua laga persahabatan, sekali dimenangi Jerman (3-0), satu pertandingan lagi berakhir 2-2.

Baca juga: Butuh Investasi US$ 179 Miliar, SKK Migas Genjot Kolaborasi

Susunan pemain Jerman vs Jepang:

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; Niklas Sule, Antonio Rudiger, Nico Schlotterbeck, David Raum; Joshua Kimmich, Ilkay Gundogan; Serge Gnabry, Thomas Muller, Jamal Musiala; Kai Havertz.

Jepang (4-2-3-1): Shuichi Gonda; Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Ko Itakura, Yuto Nagatomo; Wataru Endo, Ao Tanaka; Takefusa Kubo, Daichi Kamada, Junya Ito; Daizen Maeda.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com