Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menteri Dalam Negeri Jerman Nancy Faeser (kanan) mengenakan ban lengan OneLove bersama Presiden FIFA Gianni Infantino (kiri) di Doha, Qatar pada 23 November 2022. (Foto: Reuters)

Menteri Dalam Negeri Jerman Nancy Faeser (kanan) mengenakan ban lengan OneLove bersama Presiden FIFA Gianni Infantino (kiri) di Doha, Qatar pada 23 November 2022. (Foto: Reuters)

Mendagri Jerman Pakai Ban OneLove di Piala Dunia Meski Dilarang

Kamis, 24 November 2022 | 10:20 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

DOHA, investor.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jerman Nancy Faeser mengenakan ban lengan OneLove di Piala Dunia, meski sudah ada peraturan yang melarang sejumlah simbol yang bersifat non olahraga. Ia duduk di samping Presiden FIFA Gianni Infantino untuk menonton pertandingan pertama Jerman di Doha, Qatar.

Presiden Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) Bernd Neuendorf (kiri) dan Menteri Dalam Negeri dan Komunitas Federal Jerman Nancy Faeser (kanan). Ban lengan OneLove milik Faeser terlihat jelas. (Foto: The Guardian)

Faeser difoto dengan ban lengan OneLove di dalam Stadion Khalifa pada Rabu (23/11), setelah Jerman memutuskan untuk tidak membiarkan kapten mereka memakainya setelah badan sepak bola mengancam tim dengan sanksi olahraga.

Baca juga: Piala Dunia 2022: Kejutan Lagi! Jepang Tumbangkan Jerman

Faeser yang mengenakan ban lengan duduk di sebelah presiden FIFA di tempat duduk VIP, saat Jerman kalah 2-1 dari Jepang dalam kekalahan mengejutkan.

Para pemain Jerman menutup mulut mereka untuk foto tim mereka sebelum pertandingan, sebagai protes karena dilarang memakai simbol anti diskriminasi.

Tim nasional Jerman menutup mulut saat berpose untuk foto grup tim sebelum pertandingan Piala Dunia 2022 di Doha, Qatar pada 23 November 2022. (Foto: Reuters)

Pemakaian ban lengan adalah bagian dari kampanye selama setahun untuk mempromosikan inklusivitas dan hak LGBTQ+.

Sementara ban lengan tidak secara langsung mengacu pada undang-undang anti LGBTQ+ Qatar yang kontroversial, itu dipandang sebagai simbol yang kuat di Piala Dunia yang sangat dikritik. Panitia di Doha bahkan sudah dikritik sebelum bola ditendang dalam pertandingan pembukaannya pada Minggu (20/11).

Beberapa negara Eropa termasuk Jerman, Inggris, dan Wales membatalkan rencana untuk memakai ban lengan OneLove setelah FIFA mengangkat ancaman sanksi olahraga, dimulai dengan kartu kuning yang diberikan kepada kapten yang memakainya.

Baca juga: Piala Dunia Tanpa Masker Picu Kemarahan di Tiongkok

Pasal 11 kode disiplin FIFA, yang mencakup perilaku ofensif dan pelanggaran prinsip-prinsip fair play, mengatakan bahwa siapa pun yang menggunakan acara olahraga untuk demonstrasi yang bersifat non olahraga dapat dikenai tindakan disipliner.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : The Guardian

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com