Menu
Sign in
@ Contact
Search
 Selain di tingkat SD, Trakindo juga mewujudkan komitmennya dalam melakukan penguatan Pendidikan berkesinambungan dengan Generasi Trakindo untuk SMP, dan program CO-OP Trakindo untuk tingkat SMK dan Pendidikan Tinggi Vokasi.
Sumber: Istimewa

Selain di tingkat SD, Trakindo juga mewujudkan komitmennya dalam melakukan penguatan Pendidikan berkesinambungan dengan Generasi Trakindo untuk SMP, dan program CO-OP Trakindo untuk tingkat SMK dan Pendidikan Tinggi Vokasi. Sumber: Istimewa

Pentingnya Kolaborasi di Tengah Disrupsi Pendidikan

Senin, 28 Nov 2022 | 04:40 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Bidang pendidikan menjadi salah satu bidang paling terdisrupsi di tengah transformasi dan transisi akibat perkembangan teknologi, lalu terdampak pula oleh pandemi. Dampak paling besar yang dirasakan langsung oleh para guru akibat disrupsi ini adalah antusiasme dan keaktifan siswa berkurang. Untuk itu, pentingnya kolaborasi di tengah disrupsi Pendidikan.

Chief Administration Officer Trakindo Yulia Yasmina mengatakan, untuk menghadapi situasi mendesak ini, diperlukan penyesuaian model, praktik, proses belajar mengajar, dan sistem operasi institusi-institusi pendidikan agar anak didik memiliki bekal memadai. Di sinilah guru memiliki peran dalam merumuskan bentuk dan metode pembelajaran yang sesuai agar siswa yang menerimanya mampu menyerap dengan optimal.

Baca juga: Bamsoet Harap Greatedu Berperan Wujudkan Ekosistem Pendidikan Terintegrasi

“Penyesuaian ini menjadi salah satu tantangan utama dalam proses belajar mengajar saat ini,” ungkapnya dalam keterangan pers, Minggu (27/11/2022).

Advertisement

Untuk itu, lanjut dia, sejak 2021, Gerakan Transformasi Edukasi (Generasi) Trakindo, yaitu program pendidikan yang bekerja sama dengan institusi pendidikan di jenjang SD. Program ini berupaya mendukung penguatan pendidikan karakter, kecakapan hidup, dan budaya inovasi di sekolah-sekolah dasar dengan menempatkan siswa sebagai fokus kegiatan.

Baca juga: Perkuat Pendidikan Vokasi, BPSDMI Kemenperin Gandeng Kadin 

Dalam pelaksanaannya, Yulia mengatakan, dukungan yang diberikan meliputi penerapan program pengembangan sekolah yang terstruktur, intervensi berbentuk pelatihan dan pendampingan berbasis sekolah, dengan fokus pada perbaikan tata kelola sekolah, penyiapan lingkungan pembelajaran, pembudayaan karakter, integrasi pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) & Challenge-Based Learning (CBL), serta pelibatan orang tua dan masyarakat dalam membangun budaya inovasi lewat intrakurikuler dan ekstrakurikuler. 

"Trakindo senantiasa mengapresiasi perjuangan guru dan berupaya untuk terus mendukung dengan merancang banyak program yang ditujukan menunjang kebutuhan para guru dalam proses belajar-mengajar,” ucap Yulia.

Baca juga: BPSDMI Kemenperin Dorong Kadin Jadi Bagian Pendidikan dan Pelatihan Vokasi

Di momentum Hari Guru Nasional ke-77 pada tahun ini, Yulia menambahkan, Trakindo menegaskan komitmen mendukung kemajuan Pendidikan bangsa melalui implementasi program yang bermanfaat bagi sekolah di setiap jenjang pendidikan. Selain di tingkat SD, Trakindo juga mewujudkan komitmennya dalam melakukan penguatan Pendidikan berkesinambungan dengan Generasi Trakindo untuk SMP, dan program CO-OP Trakindo untuk tingkat SMK dan Pendidikan Tinggi Vokasi.

“Ini merupakan bentuk keselarasan antara komitmen berkelanjutan terhadap misi perusahaan yaitu, menciptakan lapangan kerja berkualitas untuk sebanyak-banyaknya masyarakat. Selamat Hari Guru Nasional, semoga seluruh guru tetap bersemangat dalam menyiapkan anak-anak bangsa yang cerdas, inovatif, adaptif, dan berkarakter Pancasila,” tutup Yulia.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com