Menu
Sign in
@ Contact
Search
Maroko secara mengejutkan menjuarai Grup F Piala Dunia 2022.

Maroko secara mengejutkan menjuarai Grup F Piala Dunia 2022.

Juara Grup F, Maroko Temani Kroasia Melaju ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Jumat, 2 Des 2022 | 03:00 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Menjadi underdog, Maroko secara mengejutkan menjuarai Grup F Piala Dunia 2022. Maroko melaju ke babak 16 besar Piala Dunia untuk pertama kali dalam 36 tahun setelah menang 2-1 atas Kanada dalam pertandingan terakhir Grup F Piala Dunia Qatar 2022, Kamis malam (1/12/2022). 

Hakim Ziyech dan Youssef En-Nesyri memastikan tim Afrika Utara itu finis di puncak klasemen grup dengan kedua gol mereka. Satu gol balasan Kanada dicetak Nayef Aguerd.

Baca juga: Piala Dunia 2022: Giliran Maroko Bikin Kejutan, Tundukkan Belgia!

Itu merupakan kemenangan kedua Maroko dalam grup tersebut setelah juga mengalahkan Belgia dalam laga kedua. Mereka menjadi tim tak terkalahkan di grup F.  Hasil lainnya adalah seri melawan Kroasia.

Advertisement

Dalam pertandingan lainnya, Belgia imbang 0-0 melawan Kroasia sehingga hanya bisa finis urutan ketiga dengan 4 poin. Alhasil, Belgia tersingkir dari Piala Dunia 2022. Sedangkan Kroasia melaju ke babak 16 besar sebagai runner up Grup F Piala Dunia 2022. 

Belgia hanya mencetak satu gol selama turnamen ini yang bahkan kalah produktif dibandingkan peringkat empat Kanada, tapi gawang Kanada dibobol tujuh kali. Kanada juga kalah dalam semua dari tiga laga fase grup.

Baca juga: Piala Dunia 2022: Asa Kanada pada Laga Kontra Belgia

Pelatih Belgia Roberto Martinez mengatakan mundur setelah timnya tersingkir dari Piala Dunia Qatar 2022. Pria berusia 49 tahun itu melatih Belgia sejak 2016 dan kontraknya akan habis setelah turnamen ini. Martinez memimpin Belgia ke tempat ketiga Piala Dunia 2018 di Rusia dan perempat final Euro 2020 tahun lalu.

“Itu adalah pertandingan terakhir saya dengan tim nasional, saya tidak bisa melanjutkannya. Sudah waktunya bagi saya untuk menyatakan ini pertandingan terakhir," kata Martinez. 

Baca juga: Menang 4-1, Kroasia Pulangkan Kanada dari Piala Dunia Qatar 2022

Sementara itu, kapten Kroasia Luka Modric mengaku sangat gembira mencapai babak knockout Piala Dunia 2022 setelah timnya menahan seri tanpa gol Belgia. Pasalnya, poin itu cukup membawa finalis empat tahun lalu itu untuk menempati posisi kedua Grup F yang sekaligus membuat Belgia tersingkir.

"Kami sangat bergembira bahwa kami berada di babak 16 besar. Kami pantas mendapatkannya mengingat permainan yang kami mainkan. Kami telah melewati momen yang sangat sulit saat kami bermain melawan tim hebat. Kami sudah mencapai tujuan pertama, kini mari kita lanjutkan," kata Modric.

"Hari ini kami sudah membuktikan bahwa kami adalah tim papan atas, bahwa kami bisa bermain melawan siapa pun, dan siapa pun yang datang kemudian, tidak akan mudah melawan kami,” tutupnya.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : ANTARA

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com