Menu
Sign in
@ Contact
Search
Belanda vs Amerika Serikat
Sumber: Antara

Belanda vs Amerika Serikat Sumber: Antara

Menanti Gebrakan Belanda Saat Hadapi Amerika Serikat di 16 Besar Piala Dunia 2022

Sabtu, 3 Des 2022 | 09:35 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Timnas Belanda akan menghadapi Amerika Serikat dalam babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Sabtu malam ini (3/12/2022). Sejauh ini penampilan tim asuhan Louis van Gaal ini tampil tidak begitu mengesankan, kecuali striker Cody Gakpo yang selalu mencetak gol dalam tiga pertandingan fase grup lalu. Tak heran apabila, banyak yang menanti gebrakan Belanda saat melawan Amerika Serikat nanti.

Van Gaal mengaku pihaknya tidak akan meremehkan Amerika Serikat ketika keduanya bertemu. "AS sudah menunjukkan diri bahwa mereka memiliki tim yang luar biasa. Saya bahkan menyebutnya salah satu tim terbaik, tim yang dirancang dengan baik (tetapi) bukan hal yang tidak bisa kami atasi," kata Louis van Gaal dalam konferensi pers seperti dikutip Reuters, Jumat (3/12/2022).

Van Gaal melanjutkan, AS adalah skuad yang sangat energik, memiliki pemain yang kuat secara fisik dan tangguh menghadapi lawan mana pun, tetapi timnya akan melakukan semua yang bisa untuk menang dan mengalahkan AS.

Baca juga: Temani Brasil Melaju ke 16 Besar, Swiss Bakal Hadapi Portugal

Advertisement

Sementara itu, pelatih Amerika Serikat Gregg Berhalter mengaku akan memanfaatkan pengalamannya bermain dan melatih di Belanda. Mantan pemain timnas AS itu memang pernah bermain untuk klub Belanda PEC Zwolle dan Sparta Rotterdam serta Cambuur Leeuwarden selama 18 tahun berkarir sebagai pemain sepak bola.

"Jika saya tidak berada di Belanda, saya rasa saya tidak akan memiliki latar belakang yang sungguh membantu saya dalam mengembangkan pemikiran saya," kata Berhalter seperti dikutip Reuters.

AS memang berada pada posisi underdog dalam laga melawan finalis tiga Piala Dunia itu, tapi Berhalter senang menghadapi Belanda yang secara umum tidak tampil terlalu bagus selama fase grup. Berhalter bukan satu-satunya didikan Belanda di kubu Amerika karena masih ada Sergino Dest yang bahkan lahir dan dibesarkan dari seorang ibu Belanda dan ayah Suriname-Amerika di Belanda.

Baca juga: Uruguay Gagal, Korea Selatan dan Portugal Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Dest saat ini masih berstatus pemain Barcelona dan tengah dipinjamkan kepada AC Milan. Dia menjadi salah satu pemain yang diandalkan Amerika Serikat dalam turnamen Piala Dunia edisi Qatar ini.

Sebelum pertandingan ini, kedua negara sudah lima kali bertemu yang empat di antaranya dimenangkan Belanda. Tetapi pertemuan terakhir di antara mereka pada 2015 dimenangkan Amerika Serikat 4-3. Belanda tiga kali menjadi runner-up Piala Dunia pada 1974, 1978 dan 2010. Belanda juga tidak terkalahkan dalam 18 pertandingan terakhirnya setelah tersingkir dalam Euro 2020.

Amerika Serikat kembali berkompetisi dalam putaran final Piala Dunia setelah gagal lolos ke Piala Dunia Rusia pada 2018. Bek DeAndre Yedlin adalah satu-satunya pemain dalam skuad Amerika Serikat yang memiliki pengalaman tampil dalam Piala Dunia.

Baca juga: Tundukan Qatar 2-0, Belanda Juara Grup A Piala Dunia 2022

Pemenang pertandingan ini akan maju menghadapi Argentina atau Australia dalam perempat final 9 Desember 2022.

Prediksi sebelas pemain pertama

Belanda (3-4-3): Andries Noppert; Jurrien Timber, Virggil van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Marten de Roon, Frenkie de Jong, Daley Blind; Davy Klaassen; Cody Gakpo, Memphis Depay

Amerika Serikat (4-3-3-): Matt Turner; Sergino Dest, Cameron Carter-Vickers, Tim Ream, Antonee Robinson; Weston McKennie, Tyler Adams, Yunus Musah; Timothy Weah, Josh Sargent, Christian Pulisic

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : ANTARA

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com