Menu
Sign in
@ Contact
Search
Masyarakat mengonsumsi produk penambah tenaga seperti kafein ketika stamina tidak prima. Namun, jika berlebihan malam berakibar buruk  bagi kesehatan

Masyarakat mengonsumsi produk penambah tenaga seperti kafein ketika stamina tidak prima. Namun, jika berlebihan malam berakibar buruk bagi kesehatan

Waspada! Konsumsi Penambah Tenaga Berlebih Berakibat Buruk pada Kesehatan

Sabtu, 3 Des 2022 | 13:00 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Pada umumnya, masyarakat memilih mengonsumsi produk penambah tenaga atau energy booster seperti kafein ketika stamina tidak prima. Akan tetapi, menggunakan produk tersebut secara berlebihan dan dalam jangka panjang berakibat buruk terhadap kesehatan, mengingat ginjal dan jantung diforsir bekerja lebih keras. Padahal, multivitamin maupun mineral yang lengkap justru memenuhi kebutuhan tubuh tetap bugar, sebab selain memulihkan stamina, kesehatan akan terjaga.

Dokter spesialis gizi klinik di Nutrif Clinic & Nutrif Farma di Bandung dr L Arif Firiandri Yulius SpGK AIFO-K mengatakan, masyarakat yang tidak kuat mengonsumsi kafein sebaiknya menghindarinya karena berisiko terkena penyakit jantung. Jika memiliki sakit lambung, memerlukan kehati-hatian dalam konsumsi kafein karena dapat memicu sakit lambung, sehingga proses pencernaan akan terganggu.

Baca juga: Kafein Dapat Tingkatkan Memori Otak

“Selain itu, minuman yang mengandung kafein biasanya juga mengandung tanin yang mengganggu penyerapan zat besi,” ujar dr Arif dalam keterangan pers, Sabtu (3/12/2022).

Advertisement

Selain itu, dr Arif memaparkan, beberapa strategi meningkatkan stamina tanpa mengonsumsi kafein maupun energy booster lainnya. Kiat-kiat tersebut di antaranya makan gizi seimbang, meminum paling sedikit dua liter air; manajemen stress, tidur cukup dari tujuh hingga delapan jam setiap hari, olahraga teratur satu jam sehari, tiga hingga empat kali seminggu, dan jauhi alkohol berlebihan dan rokok.

Baca juga: Kafein Melindungi Tubuh dari Sel Tumor 

Sementara itu, Product Manager Nutrafor Gold Coffee PT Novell Pharmaceutical Laboratories Bagus Arigunanto mengatakan, kebiasaan konsumen untuk memulihkan stamina dan mood dengan mengonsumsi energy booster, suplemen, jamu, atau kopi menjadi peluang yang menjanjikan ketika kata 'kopi' bisa dibuat menjadi 'bukan sekadar kopi'.

Untuk itu, Bagus mengatakan, Novell Pharmaceutical Laboratories menghadirkan Nutrafor Gold Coffee hadir dengan komposisi lengkap seperti siberian ginseng, Omega 3, vitamin B kompleks, zinc, dan kalsium. “Komposisi tersebut tidak dimiliki kopi lain, dan komposisi multivitamin yang terkandung dalam kopi sejenis sama dengan produk lainnya yang beredar di pasaran,” tutupnya. 

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com