Menu
Sign in
@ Contact
Search
Gelandang Kroasia Marcelo Brozovic (ketiga kanan) menarik kaos penyerang Brasil Neymar. (Foto: AFP)

Gelandang Kroasia Marcelo Brozovic (ketiga kanan) menarik kaos penyerang Brasil Neymar. (Foto: AFP)

Tragis, Kroasia Pulangkan Brasil lewat Drama Adu Penalti

Sabtu, 10 Des 2022 | 01:42 WIB
Franciscus Rio Winto (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Kroasia memulangkan Brasil setelah menang 4-2 dalam drama adu penalti dalam laga perempat final Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Qatar, Sabtu (10/12/2022) dini hari. Dalam waktu normal dan perpanjangan waktu, pertandingan berakhir imbang 1-1.

Berdasarkan statistik pertandingan, Kroasia unggul dalam penguasaan bola dengan hasil 51%, sedangkan Brasil meraih 49%. Dari sisi tendangan ke arah gawang, Kroasia melakukan 1 tendangan, sedangkan Brasil hanya 11 tendangan. Dari sisi tembakan, Kroasia 9 kali upaya dan Brasil hanya 21 upaya.Dari segi operan, Kroasia melakukan 693 kali dan Brasil 684 kali.

Masalah akurasi operan, hanya ada perbedaan tipis, Kroasia 88% dan Brasil 89%. Kemudian, dari soal pelanggaran, Kroasia 22 kali dan Brasil 24 kali. Kroasia meraih dua kartu kuning, sedangkan Brasil tiga kartu kuning. Dalam pertandingan itu, tidak ada kartu merah. Lalu, Kroasia dan Brasil masing-masing tiga kali offside. Kemudian, dari tendangan sudut, Kroasia tiga kali dan Brasil tujuh kali.

Baca juga: Piala Dunia Pompakan Semangat Kemenangan

Advertisement

Bagi Kroasia, ini merupakan semifinal ketiga di Piala Dunia. Sebelumnya, Kroasia berhasil melaju ke empat besar pada 1998 dan 2018. Dalam Piala Dunia 2018, Kroasia menjadi runner up kalah setelah kalah dari Prancis.

Di semifinal, Brasil akan bertemu pemenang dari laga perempat final lainnya, antara Belanda dan Argentina, Sabtu (10/12/2022), pukul 02.00 WIB. Hingga berita ini diturunkan laga Belanda kontra Argentina belum berakhir.

Kemenangan Kroasia berhasil terwujud berkat ketangguhan penjaga gawang Kroasia, Dominik Livakovic yang satu kali berhasil menepis tendangan pertama Brasil, Rodrygo. Tendangan Marquinhos gagal menjebol gawang Livakovic lantaran membentur tiang gawang. Hanya, Casemiro, dan Pedro yang berhasil menjebol gawang Kroasia. Sedangkan, empat penendang Kroasia berhasil menjebol gawang Brasil, yaitu, N. Vlasic, L. Majer, L. Modric, dan M. Orsic 

Livakovic Pahlawan Kroasia

Ketenangan Livakovic sebagai penjaga gawang terbukti mampu mengantar Kroasia menuju babak semifinal Piala Dunia.

Baca juga: MU dan Manchester City Sumbang Pemain Terbanyak di Perempat Final Piala Dunia 2022

“Keberhasilan Kroasia maju ke semifinal adalah hasil kerja sama tim. Kami masih memiliki tugas berat dalam laga semifinal,” ujar Livakovic seusai pertandingan seperti dilansir sportstar.thehindu.com, Jumat (9/12/2022)

Livakovic sebelumnya juga berperan besar dalam mengantar Kroasia menuju perempat final. Di babak 16 besar, Livakovic juga tampil sebagai bintang dalam laga babak 16 besar melawan Jepang di di Stadion Al Janoub, Qatar, yang berakhir Selasa (6/12/2022) dini hari. Dia mampu melakukan tiga penyelamatan dalam drama adu penalti.

Laga melawan Jepang harus berakhir dalam drama adu penalti. Setelah bermain imbang 1-1 dalam waktu normal, Kroasia unggul 3-1 dalam adu penalti.

Baca juga: Nobar Paling OK, Konsep Unik Dukung Timnas Korsel di Piala Dunia 2022

Livakovic secara gemilang menggagalkan tendangan Kaoru Mitoma, Takumi Minamino dan Maya Yoshida dalam adu penalti.

Dalam prosesnya, Livakovic menjadi kiper ketiga yang menyelamatkan tiga penalti dalam adu penalti di Piala Dunia setelah rekan senegaranya Danijel Subašić saat melawan Denmark dalam Piala Dunia 2018 dan Ricardo dari Portugal saat melawan Inggris dalam Piala Dunia 2006.

Livakovic yang baru berusia 27 tahun itu adalah bagian dari skuad Piala Dunia Kroasia 2018 yang finish sebagai runner-up. Saat itu, Livakovic tidak bermain satu menit pun.

Livakovic melakukan debut seniornya pada 2018 dalam UEFA Nations League melawan Inggris dan memiliki 38 caps.

Baca juga: Diwarnai Dua Big Match, Ini Jadwal Perempat Final Piala Dunia 2022

Livakovic yang memiliki tinggi 187 cm itu bermain untuk klub divisi pertama Kroasia, Dinamo Zagreb sejak 2015.

Jelang laga melawan Jepang, Livakovic telah menggagalkan 14 penalti sepanjang kariernya, salah satunya saat melawan Feyenoord Rotterdam dalam Liga Europa UEFA 2020. 

Biodata :

Dominik Livakovic

Kebangsaan: Kroasia

Tempat, tanggal lahir: Zadar, Kroasia, 9 Januari 1995

Umur: 27 tahun

Posisi: Penjaga gawang

Tinggi: 187 cm

Berat: 79 kg

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com