Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ruang Over Screentime, salah satu dari tiga ruang yang menampilkan kegiatan interaktif dalam BINTANG Crystal Chill Museuum untuk mengajak pengunjung meluangkan waktu bersantai di tengah aktivitas yang padat. (Foto: Istimewa)

Ruang Over Screentime, salah satu dari tiga ruang yang menampilkan kegiatan interaktif dalam BINTANG Crystal Chill Museuum untuk mengajak pengunjung meluangkan waktu bersantai di tengah aktivitas yang padat. (Foto: Istimewa)

Generasi Muda Sering Dibayangi Tiga Permasalahan Over

Rabu, 25 Jan 2023 | 22:57 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Generasi muda usia 21-30 tahun kerap dihadapkan pada tantangan-tantangan yang berasal dari tuntutan dari dalam diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar. Tuntutan-tuntutan tersebut tanpa sadar membuat generasi muda lebih mudah untuk overthinking, overwork dan over screentime, yang pada akhirnya memengaruhi keseimbang menjalani hidup, mengganggu kesehatan mental, juga fisik

Diungkapkan oleh Psikolog Tara Adhisti de Thouars bahwa ketiga permasalahan – overthinking, overwork dan over screentime – seringkali membuat generasi muda melakukan sesuatu dengan berlebihan demi mengejar ambisi diri dalam hal bekerja serta pencitraan diri melalui media sosial.

“Memang tindakan over yang seringkali kita lakukan berada di luar kendali kita. Tetapi penting untuk kita perlu me-refresh otak agar segar kembali, supaya dapat berpikir lebih jernih dan optimal, salah satunya dengan beristirahat dan chill (bersantai),” ujar Tara, yang dikutip dari keterangan akhir pekan lalu.

Baca Juga: Gobel: Pemuda Gorontalo Akan Dikirim ke Jepang

Advertisement

Pradikta Wicaksono, penyanyi yang akrab disapa Dikta, pun turut merasakan over seperti yang dialami generasi muda saat ini. Semisal, jadwal kegiatan yang terkadang membuat ia jadi overwork dan mengesampingkan waktu untuk chill.

“Untuk mengatasi persoalan ini biasanya aku akan buat reminder di handphone untuk ambil waktu istirahat dan kumpul bareng teman-teman,” katanya.

Dilatarbelakangi keinginan untuk terus mengingatkan generasi muda dengan cara yang menyenangkan dan seru, agar tidak over dalam segala sesuatu sekaligus menikmati momen chill dalam hidup maka PT Multi Bintang Indonesia Tbk., menggandeng HALUU World serta sejumlah talenta muda dalam negeri untuk berkolaborasi menghadirkan “BINTANG Crystal Chill Museuum”. Yakni sebuah museum yang menampilkan aneka kegiatan interaktif di M Bloc Space, Jakarta dan dioperasikan hingga 29 Januari 2023.

Terdapat tiga ruangan utama dengan konsep immersive exhibition, yang terinspirasi dari berbagai permasalahan over yang sering dialami oleh generasi muda, antara lain Overthink, Overwork dan Over Screentime. Nantinya, para pengunjung yang menelusuri ruangan-ruangan itu bakal “diingatkan” soal hal-hal berlebihan yang kerap dilakukan melalui berbagai kegiatan interaktif.

Salah satu dari tiga ruang yang menampilkan kegiatan interaktif dalam BINTANG Crystal Chill Museuum untuk mengajak pengunjung meluangkan waktu bersantai di tengah aktivitas yang padat. (Foto: Istimewa)

Semisal di ruangan pertama, Overthink, pengunjung akan dihadapkan dengan beberapa cuitan di media sosial yang menggambarkan overthink. Setelah memilih cuitan yang paling relevan dengan kehidupannya sehari-hari, mereka akan mendapatkan QR Code yang bisa diakses untuk melihat rekapan motivasi yang dipersonalisasi agar kita tidak overthink dalam sehari-hari.

Kemudian pada ruangan kedua, Overworked, suasana ruangan dibuat menyerupai ruang kerja raksasa dengan medan yang menanjak, menggambarkan kebiasaan yang sering memaksakan diri untuk bekerja terlalu over. Setelah berhasil menanjak ruangan Overworked, pengunjung akan diingatkan untuk bersantai dengan masuk ke kolam bola yang menyenangkan dan menarik untuk diabadikan.

Sedangkan di ruangan terakhir, pengunjung akan diingatkan untuk tidak Over Screentime, dan diingatkan supaya lebih mengutamakan dan menikmati pertemuan secara langsung, bukan hanya mementingkan pencitraan di media sosial.

Baca Juga: Perbedaan Generasi Memengaruhi Perilaku Penggunaan Fitur Zoom

Crystal Chill Museuum akan ditutup dengan Zona #WaktunyaCrystalChill yang merupakan bar indoor dan outdoor di mana para pengunjung bisa menikmati momen chill mereka, termasuk berkaraoke dan bernyanyi bersama musisi tanah air, antara lain Reality Club, Adhytia Sofian, Marcello Tahitoe, Sal Priadi, Dikta Wicaksono, Cantika Abigail, Oslo Ibrahim, Feel Koplo, Oom Leo, Ricky Virgiana, dan akan dimeriahkan oleh kehadiran Reza Chandika, Kresna Julio, Erica Carlina, Gilang Gombloh, Debi Glen.

“Kami ingin memberikan pengalaman yang tidak terlupakan melalui BINTANG Crystal Chill Museuum ini. Setiap sudut ruangan telah didesain semenarik mungkin untuk menyampaikan pesan serta menjadi spot Instagram-able yang disenangi oleh anak-anak muda. Semoga teman-teman yang datang berkunjung bisa menangkap pesan penting bahwa kita harus meluangkan waktu untuk bersantai dan menikmati momen chill,” ujar Co-Founder HALUU World Norine Wibowo.

Ditambahkan oleh Direktur Marketing Multi Bintang Indonesia Jessica Setiawan bahwa lewat BINTANG Crystal Chill Museuum, pihaknya ingin menawarkan pengalaman interaktif dan seru, tetapi juga menjadi pengingat yang berkesan bagi pengunjung, terutama yang kerap berada di tengah kesibukan, yang terkadang over atau berlebihan supaya dapat menikmati momen chill.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com