Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. ( Foto: Paul Grover / POOL / AFP )

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. ( Foto: Paul Grover / POOL / AFP )

40 Ribu Penonton Diijinkan Saksikan Langsung Semifinal dan Final Euro 2020

Rabu, 16 Juni 2021 | 08:16 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id  – Sebanyak 40 ribu penonton bakal diijinkan untuk menyaksikan secara langsung semifinal dan final Euro 2020 atau dikenal dengan Piala Eropa 2020 di Wembley stadion, London, Inggris.

Hal itu menyusul keputusan Pemerintah Inggris yang menyebutkan membolehkan pertandingan paling bergengsi di benua biru tersebut untuk disaksikan oleh penonton dengan 50% kapasitas stadion. Meskipun Perdana Menteri Inggris Boris Johnson memperpanjang pengetatan Covid-19 di negara tersebut hingga 19 Juli mendatang.

Dalam pernyataannya Johnson juga menegaskan Pertandingan Piala Eropa 2020 di Wembley akan tetap dengan status acara percontohan.

“Kami akan melanjutkan acara percontohan pada Euro 2020 dan beberapa pertunjukan lainnya,” ungkap Johnson.

Stadion Wembley dibuka pada 2007 memiliki kapasitas 90 ribu bangku dan merupakan stadion terbesar kedua di Eropa. Rencananya, laga semifinal dan final Piala Eropa 2020 akan digelar pada 6-11 Juli mendatang.

Sebelumnya, Wembley telah digunakan untuk menggelar babak penyisihan grup laga antara Inggris melawan Kroasia dengan hanya disaksikan sebanyak 25% atau seperempat dari kapasitas penuh sebanyak 18.497 penonton. Tim Nasional Inggris pun berhasil memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 1-0.

Nantinya, Wembley juga akan menggelar dua pertandingan lagi untuk laga Inggris sebagai tuan rumah melawan Skotlandia dan Republik Ceko. Dengan aturan yangs ama dengan laga penyisihan grup. Penonton yang bisa menyaksikan di stadion ini dikenakan persyaratan yang ketat, mulai dari harus sudah divaksin lengkap dan keterangan negatif dari hasil pemeriksaan Covid-19.

Dengan kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah Inggris tersebut, ada dua gelaran olahraga lainnya juga mendapatkan ijin peningkatan jumlah penonton. Keduanya adalah Kejuaraan Tenis Wimbledon, baik putra maupun putri, pada 10-11 Juli mendatang.

Ajang ini bahkan pada pada gelaran finalnya akan diperbolehkan untuk ditonton dengan kapasitas penuh dari hanya 50% pada pertandingan penyisihan.

Satu gelaran olahraga bergengsi lainnya adalah gelaran F1 GP Inggris di Silverstone yang akan dijadikan ajang uji coba pada 16-18 Juli 2021.

"Rincian lengkap batas kapasitas untuk setiap acara tertentu akan ditetapkan pada waktunya," demikian pernyataan dari Departemen Digital, Budaya, Media dan Olahraga Inggris. (berbagaisumber)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN