Menu
Sign in
@ Contact
Search

Gilang Ramadhan Populerkan Rhythm Sawah

Rabu, 23 Maret 2011 | 15:56 WIB
Antara (redaksi@investor.id)

JAKARTA-Musisi Gilang Ramadhan bangga mendalami dan menciptakan  "Rhythm Sawah",  permainan drum dengan elemen musik tradisional Indonesia.

"Saya selalu mengamati rhythm - rhythm  yang ada di Indonesia." kata Gilang Ramadhan di sela-sela Acara Dji Sam Soe Mahakarya Indonesia di Jakarta, Selasa (22/3).

Gilang mengatakan bahwa "Rhythm Sawah" merupakan irama-irama yang berasal dari Indonesia seperti Aceh, Bali hingga Papua. Ia menemukan bahwa di semua daerah ada hal yang sama yaitu  sawah. "Dan, orang Indonesia identik dengan nasi, jadi saya namakan 'Rhythm Sawah'."

Dalam bermusik, Gilang banyak terinspirasi musik tradisional Indonesia. Saat "manggung" atau melakukan klinik drum di Eropa dan Amerika Serikat, banyak yang bertanya "where you get that" dan ia menjawab, "Indonesia".

"Di Jamaika ada reggae ,di Amerika Latin ada samba dan di Indonesia ada Ryhtm Sawah, Saya sekarang lebih terpengaruh dengan musik-musik tradisional yang dipadukan dengan musik modern," Katanya.

Ia mengaku "Rhythm Sawah" membuatnya eksis hingga ke mancanegara dan berbelok dari sebelumnya yang hanya mempelajari musik barat.

Kini, Gilang memadukan "Kenong", "Kecrek" hingga "Gong" dengan elemen musik modern.

"Luar Biasa, tidak ada habis - habisnya kekayaan elemen musik tradisional Indonesia. Saya sering dikenal kalau sedang main dengan memadukan drum modern dengan elemen elemen musik Indonesia," ungkapnya.(ant/hrb)

Editor : herry barus (herrybarus@yahoo.com.au)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com