Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Laporan penelitian global menunjukkan, 95% tenaga kesehatan (nakes) mengalami kecemasan takut tertular virus corona Covid-19. ( Foto Ilustrasi: Istimewa )

Laporan penelitian global menunjukkan, 95% tenaga kesehatan (nakes) mengalami kecemasan takut tertular virus corona Covid-19. ( Foto Ilustrasi: Istimewa )

Allianz Indonesia Sediakan Layanan Penunjang Kesehatan Mental Nakes

Jumat, 13 Agustus 2021 | 12:22 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Allianz Indonesia, melalui Yayasan Allianz Peduli dan PION Clinician menyelenggarakan “Program Peduli Nakes” berupa rangkaian kegiatan yang dapat menunjang kesehatan mental para tenaga kesehatan (nakes) yang berada di garda depan penanganan Covid-19, serta keluarga mereka. Kegiatan ini bertujuan membantu meringankan beban psikologis para nakes yang mulai merasakan kecemasan dan kelelahan selama pandemi Covid.

Berdasarkan laporan penelitian global yang dipaparkan Satgas Penanganan Covid-19 pada Februari menunjukkan bahwa 95% nakes mengalami kecemasan takut tertular virus corona Covid-19.

Selain itu, beberapa penelitian di luar negeri, yaitu di Tiongkok pada Maret 2020 dan Amerika Serikat (AS) pada September 2020 memperlihatkan sebagian besar nakes mengalami stress, menunjukkan gejala depresi, mengalami kecemasan, dan insomnia. Padahal, resiliensi para nakes menjadi sangat penting dalam menangani kasus Covid-19 yang saat ini sedang meningkat di Indonesia.

“Program Peduli Nakes” tersebut terdiri dari tiga kegiatan, yaitu “Layanan Konseling Daring” dengan metode telekonseling bagi nakes dan keluarga dengan sesi 60 menit per orang dengan jadwal yang dibuka setiap harinya pukul 09.00-21.00. Kemudian kegiatan “Webinar: Relaksasi untuk Nakes”, di mana para nakes dapat mengikuti sesi edukasi memahami pentingnya relaksasi serta teknik-teknik relaksasi bersama para dokter professional. Selanjutnya yang terakhir adalah “Layanan via Youtube dan Podcast” untuk membantu para nakes dan keluarga memahami masalah-masalah psikologis yang dapat diakses kapan saja dengan waktu yang lebih fleksibel.

“Pandemi ini telah benar-benar mengubah kehidupan kita. Ada yang kehilangan teman atau sanak saudara, harus melakukan isolasi mandiri atau dirawat di rumah sakit akibat terpapar Covid-19, serta kehilangan pekerjaan dan pendapatan. Perubahan ini turut memicu menurunnya kesehatan mental, terutama di kalangan tenaga kesehatan yang menjadi garda depan penanganan pandemi. Kami berharap dengan adanya program ini, nakes dan keluarganya bisa mendapatkan dukungan penguatan psikologis sesuai dengan kebutuhan masing-masing,” ujar Ketua Yayasan Allianz Peduli, Ni Made Daryanti dalam siaran pers, Kamis (12/8).

Di samping menginisiasi Program Peduli Nakes, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli juga memberikan donasi berupa paket pemulasaraan jenazah, seperti pakaian hazmat, handschoen, kaca mata (goggle), sepatu bot, apron plastik, kain kafan, kantong jenazah, plastic wrap, dan lain-lain, kepada Puskesmas Setiabudi, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dilakukan pada Juli 2021, di mana pada saat itu kasus Covid-19 di Jakarta meningkat tajam, sehingga dalam satu hari bisa melakukan dua sampai tiga kegiatan pemulasaraan jenazah.

“Selain dapat membantu meringankan beban mental teman-teman nakes beserta keluarga, kami berharap seluruh program dan kegiatan yang kami inisiasi dalam setahun terakhir pandemi ini dapat memberikan manfaat serta kontribusi yang besar bagi masyarakat Indonesia. Lebih lanjut, kami tidak berhenti sampai di sini, karena kami akan terus menjajaki kemungkinan kerja sama dengan berbagai pihak untuk terus membantu penanganan pandemi,” kata Ni Made Daryanti.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN