Menu
Sign in
@ Contact
Search
Relaunching RS Siloam Mampang, Jakarta Selatan, Jumat 16 September 2022.

Relaunching RS Siloam Mampang, Jakarta Selatan, Jumat 16 September 2022.

Anies Baswedan Apresiasi Langkah Gesit RS Siloam Mampang Tangani Covid-19

Jumat, 16 September 2022 | 14:53 WIB
Maria Fatima Bona (redaksi@investor.id) ,Dwi Argo Santosa (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa RS Siloam Mampang adalah salah satu tempat bersejarah dalam penanganan pandemi Covid-19 Jakarta.

RS Siloam Mampang mulai beroperasi pada 2020 tepat di awal masa pandemi sebagai upaya tanggap darurat penanganan Covid-19 bersama pemerintah, khususnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Selama dua tahun masa pandemi, ratusan nyawa telah terselamatkan dan RS Siloam Mampang menjadi salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 pilihan.

 “Barangkali inilah rumah sakit swasta pertama yang digunakan untuk merawat pasien Covid,” kata Anies Baswedan dalam sambutannya pada Relaunching RS Siloam Mampang, Jumat (16/9/2022).

Baca juga: Anies Baswedan Resmikan Relaunching RS Siloam Mampang Jadi Fasilitas Tersier dengan Pusat Unggulan Ortopedi

Acara itu dihadiri selain pendiri Yayasan Pendidikan Pelita Harapan James T Riady dan Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Caroline Riady, juga jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua Dewan Pengawasn BPJS Prof. Abdul Kadir, serta Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasjid Baswedan saat meresmikan Relaunching RS Siloam Mampang, Jakarta Selatan, Jumat 16 September 2022. (BeritaSatu)

Peran RS Siloam Mampang dalam penanganan Covid-19 Jakarta dituturkan kembali oleh Anies dalam kilas balik secara detail karena Gubernur DKI Jakarta ini mengikuti sejak awal pendiriannya.

Ketika itu pusat perbelanjaan Lippo Plaza Mampang untuk sementara diliburkan sesuai imbauan pemerintah untuk membatasi kerumunan massa demi mencegah penyebaran virus corona. Sebagian area pusat perbelanjaan di Jalan Mampang Prapatan Raya, Jakarta Selatan tersebut kemudian diubah menjadi rumah sakit khusus pasien Covid-19.

Baca juga: Jumlah Pasien Siloam (SILO) Tetap Tumbuh Double Digit Pasca Redanya Kasus Covid

Pada awal pandemi, Anies mengenang, RS Siloam Mampang ketika itu masih dalam proses pembangunan. Ia datang bersama tim Siloam Hospitals tengah malam, sekitar pukul 22.00 WIB. Kondisinya masih kosong. Kafe dan resto dibongkar semua untuk dijadikan ruang perawatan.

“Itu semua dikerjakan dalam senyap sunyi. Tidak terlihat dari luar bahwa di tempat ini dipersiapkan tempat untuk mengantisipasi (lonjakan pasein Covid-19) karena kita belum dalam situasi bisa mengonversi semua. Kita perlu tempat untuk menampung (pasien),” kata Anies.

Relaunching RS Siloam Mampang, Jakarta Selatan, Jumat 16 September 2022. (BeritaSatu/Aditya Laksmana Yudha)

Anies Baswedan ketika itu menekankan yang terpenting adalah mengerjakan secara cepat, tepat, benar serta berani. Jangan takut. “Jangan khawatir atas apa yang dikatakan orang hari ini tapi pikirkanlah apa yang dikatakan sejarawan besok. Sejarawan akan melihat apa yang terjadi pada 2020 dengan catatan yang lengkap,” kata mantan Mendikbud ini.

Baca juga: Jumlah Pasien Naik, Laba Siloam (SILO) Kuartal II-2022 Meningkat 8,7%

Singkat cerita, pusat perbelanjaan itu dikonversi menjadi tempat pelayanan Covid-19 dengan standard operating procedure (SOP) baru yang diadopsi dari berbagai tempat.

Anies mengaku bersyukur di Jakarta, pada awal pandemi, ada tempat di mana label atau namanya belum ada tapi upaya penyelamatan sudah nyata dilakukan. Untuk kenyataan dan upaya mulia ini Anies mengajak hadirin dalam acara itu, bertepuk tangan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasjid Baswedan (kiri) berbincang dengan Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group Caroline Riady saaty meninjau ruang perawatan RS Siloam Mampang, Jakarta Selatan, Jumat, 16 September 2022.

“Tentu saja ada masalah administratif terkait pendirian sebuah rumah sakit. Namun hal itu kemudian dilengkapi semua. Tapi intinya adalah penyelamatan, penyelamatan, dan penyelamatan. Karena (penyelamatan) itu adalah perintah Konstitusi nomor satu. Kita pernah disumpah melindungi setiap tumpah darah Indonesia,” katanya.

Baca juga: MRCCC Siloam Semanggi Kenalkan Teknologi Dg-HAL RAR untuk Atasi Wasir

“Kita bersyukur pada masa awal pandemi Covid-19 itu ada langkah-langkah penyelamatan. Alhamdulillah kita bisa mengantisipasi dan kita hadapi pandemi. Alhamdulillah bangsa kita termasuk yang terbaik dalam menangani Covid,” katanya.

Kehadiran RS Siloam Mampang sebagai rumah sakit tersier semakin memperkuat jaringan Siloam di Jakarta Selatan, yang menawarkan rangkaian lengkap layanan klinis seperti ortopedi, bedah, penyakit dalam, saraf dan bedah saraf, pediatri (anak), pulmonologi, dan masih banyak lagi. RS Siloam Mampang telah menginvestasikan Rp 400 miliar untuk pembangunan dan pengembangan berbagai fasilitas kesehatan tersebut.

Baca juga: Konsensus Analis Prediksi Pertumbuhan Siloam (SILO), Lippo Karawaci (LPKR) Terimbas Positif

“Dengan lebih dari seperempat abad pengalaman layanan kesehatan sebagai salah satu kelompok rumah sakit swasta terbesar di Indonesia, yang mencakup 20 provinsi dan 30 kota, saya yakin kehadiran RS Siloam Mampang akan memperkuat upaya pemenuhan kebutuhan akan kesehatan masyarakat yang lebih baik di DKI Jakarta,” kata Anies Baswedan.

RS Siloam Mampang

RS Siloam Mampang didukung oleh lebih dari 150 tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, dan perawat berpengalaman yang juga memberikan berbagai spesialisasi dan pelayanan prima. Salah satunya adalah layanan ortopedi yang menjadi pusat unggulan (centre of excellence) Siloam Hospitals dalam spesialisasi tersebut.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com