Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ketua Umum Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) Linda Agum Gumelar dalam Annual Southeast Asia Breast Cancer Symposium (SEABCS) 2021  telah mulai digelar Sabtu  (31/7/2021) secara virtual.

Ketua Umum Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) Linda Agum Gumelar dalam Annual Southeast Asia Breast Cancer Symposium (SEABCS) 2021 telah mulai digelar Sabtu (31/7/2021) secara virtual.

Annual Southeast Asia Breast Cancer Symposium Mulai Digelar

Minggu, 1 Agustus 2021 | 09:29 WIB
Maria Fatima Bona

JAKARTA, investor.id  - Forum global para tenaga medis profesional di bidang kanker payudara berkumpul pada sebuah Annual Southeast Asia Breast Cancer Symposium (SEABCS) 2021  telah mulai digelar Sabtu  (31/7/2021) secara virtual.

“Kepada sahabat-sahabat dari luar Indonesia, terima kasih bisa bergabung untuk berbagi informasi tentang pengalaman-pengalaman dalam hal kebijakan yang efektif untuk meningkatkan kualitas hidup sesuai dengan tema panel diskusi kita yaitu effective policy shaping, improving lives,” kata Ketua Umum Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) Linda Agum Gumelar dalam keterangan pers diterima Beritasatu.com, Minggu (1/8/2021).

Sebagaimana diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah pada simposium tahunan se-Asia Tenggara menggelar diskusi panel dengan berbagai tema yang melibatkan lembaga swadaya masyarakat (LSM), pejabat pemerintah, penyintas kanker payudara, pengasuh, relawan, profesional perawatan kesehatan, dan pekerja sosial.

Untuk hari kedua, Minggu (1/8/2021),  kegiatan SEABCS 2021 akan diawali dengan upacara pembukaan yang rencananya akan dibuka oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Kemudian, kembali dilanjutkan dengan kegiatan simposium dengan beberapa tema.

Adapun tema yang telah dibahas salah satunya terkait dengan pembentukan kebijakan yang efektif, meningkatkan kehidupan di masa pandemi ini.  Pasalnya, SEABCS  juga menjadikan pandemi Covid-19 ini sebagai pembelajaran utama untuk memperkuat kolaborasi dan transformasi pengendalian kanker payudara antar negara.

SEABCS menyebutkan, kesimpulan dari diskusi panel SEABCS 2021 hari pertama tersebut  mengungkapkan adanya pandemi Covid-19 ini telah terjadi keterlambatan penanganan kanker payudara mulai dari skrining, diagnosis dan terapi.

Untuk itu perlu dilakukan berbagai usaha di semua negara untuk mengatasi hal tersebut. Dimulai program vaksinasi buat tenaga kesehatan, pasien kanker payudara, keluarga dan masyarakat.

Oleh karena itu, SEABCS juga berharap  di beberapa negara termasuk Indonesia perlu dibuat panduan vaksinasi untuk penderita kanker khususnya kanker payudara.

Selain itu SEABCS 2021 berharap penggunaan media sosial termasuk telemedicine juga dimaksimalkan dan yang tak kalah penting perlu upaya bersama dari semua pihak untuk menangani kanker payudara di era pandemi  Covid-19 ini.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN