Menu
Sign in
@ Contact
Search
Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Pemerintah untuk Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. Sumber: BSTV

Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Pemerintah untuk Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. Sumber: BSTV

Antisipasi Cacar Monyet, Berikut Strategi Pemerintah

Rabu, 27 Juli 2022 | 07:45 WIB
Lenny Tristia Tambun (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - World Health Organizatio (WHO) telah menetapkan status darurat kesehatan internasional terhadap penyakit cacar monyet.

Baca juga: Pemerintah Diminta Siapkan Strategi Pencegahan Cacar Monyet

Koordinator Tim Pakar dan Penanganan Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) Prof. Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah telah mempersiapkan komponen-komponen yang diperlukan dalam usaha deteksi awal penyakit cacar monyet.

Mulai dari penunjukan dua laboratorium untuk melakukan uji sampel yaitu laboratorium Pusat Studi Satwa Primata (PSSP) IPB di Bogor dan laboratorium Penelitian Penyakit Infeksi Prof.dr. Sri Oemijati di Jakarta.

“Pemerintah juga menggencarkan sosialisasi penyakit cacar monyet untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang  penyakit ini khususnya bagaimana penyakit dapat menular,” kata Wiku pada konferensi pers terkait “Perkembangan Penanganan PMK” secara daring, Selasa (26/7/2022).

Baca juga: WHO: Wabah Cacar Monyet Berstatus Darurat Kesehatan Global

Wiku juga mengimbau masyarakat untuk  menerapkan  pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai  upaya perlindungan mandiri.

“Upaya-upaya ini diharapkan mampu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat  terhadap penyakit cacar monyet  serta mencegah masuk dan menyebarnya penyakit ini  di Indonesia,” ucapnya.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com