Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ketua Juri CECT Sustainability Awards, Dr. Maria R. Nindita Radyati (tengah) menjelaskan CECT Sustainability Awards 2019

Ketua Juri CECT Sustainability Awards, Dr. Maria R. Nindita Radyati (tengah) menjelaskan CECT Sustainability Awards 2019

CECT Sustainability Awards 2019

Berikan Penghargaan untuk Pelaku CSR Berkesinambungan

Mardiana Makmun, Minggu, 10 November 2019 | 20:02 WIB

JAKARTA, Investor.id  - CECT (Center for Entrepreneurship, Change and Third Sector) Universitas Trisakti kembali menyelenggarakan CECT Sustainability Awards 2019. Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi kepada perusahaan-perusahaan (Award for Companies) dan kewirausahaan sosial  (Social Enterprises) yang mempunyai kinerja Sustainability dan CSR holistic.  Penilaian CECT Sustainability Awards berdasarkan SDGs (Sustainable Development Goals) dan ISO 26000, yakni standar panduan pengelolaan CSR (Corporate Social Responsibility) dan Sustainability.

Ketua Juri CECT Sustainability Awards, Dr. Maria R. Nindita Radyati menjelaskan CECT Sustainability Awards 2019 bukan memberikan penghargaan kepada pelaku CSR yang sekadar memberikan donasi kepada masyarakat sekitarnya.

"CSR itu bukan sekadar memberikan donasi, tetapi melakukan bisnis yang berkelanjutan sembari melibatkan masyarakat sekitarnya. Penghargaan ini diharapkan mampu memberikan dampak yang lebih luas yakni terhadap kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian, pemberian penghargaan yang dilakukan setiap tahun ini dapat memotivasi dan memberikan panduan para perusahaan atau organisasi untuk menjalankan bisnis secara berkelanjutan sekaligus berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan," ujar Maria di Jakarta, Kamis (7/11/2019).  

CECT Sustainability Awards 2019 terdiri atas dua kategori,yakni kategori Company dan Social Entrepreneur. Ajang ini diikuti oleh total 57 peserta, yang terdiri dari 47 Companies dan 10 Social Enterprises. Dari 57 peserta, telah terpilih sejumlah 32 pemenang untuk kategori Companies dan 7 pemenang untuk kategori Social Enterprises yang  diumumkan pada Awarding Night, Kamis, 7 November 2019.

Indra Noviansyah, salah satu juri penghargaan ini menjelaskan tak mudah menemukan pemenang, terlebih untuk kategori social entrepreneurship. "Kami cek sejauh mana social entrepreneur ini memberikan dampak sosial pada masyarakat sekitarnya. Ada yang mengaku berhasil menghilangkan rentenir, ternyata setelah dicek dia adalah rentenirnya," cerita Indra.

Hal ini juga diungkapkan juri Suharti Sadia tentang start up yang mengikuti ajang ini. "Tantangannya  start up-start up ini ternyata banyak pencitraannya," ungkap Suharti.

Namun di pelosok daerah, Suharti menemukan ada yang menberikan beasiswa pada anak SD tetapi bentuknya bukan uang, melainkan ayam. "Anak-anak penerima beasiswa diberi ayam untuk diternakkan sepulang sekolah. Ini unik dan bagus sekali," puji Suharti.

Dinna Nocharryta dari PT.Pembangunan Jaya Ancol mengatakan, "Dulu niatnya melakukan CSR bagi masyarakat sekitar, adalah karena ingin maju dan senang bersama. Namun lebih dari itu, ajang ini membuat kami lebih detail dan terus melakukan perbaikan dalam menjalankan CSR dengan baik, terlebih karena tak mudah menemukan kebutuhan masyarakat, bukan keinginannya," kata Dinna.

Pada kesempatan yang sama, CECT juga menyelenggarakan Seminar Nasional bertema "Sustainability and The Digitized Economy - Dealing With Uncertainty". Dalam sesi panel, seminar ini menghadirkan Prof. Dr. Benny Tjahyono, pakar di bidang "Circular Economy" dari Coventry University, UK serta Dr. Suyoto dari Yayasan Upaya Indonesia Damai (UID). Kedua pembicara tersebut membahas mengenai kepemimpinan yang mampu beradaptasi dan bagaimana menghadapi ketidakpastian serta pentingnya pemanfaatan teknologi digital untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA