Menu
Sign in
@ Contact
Search
Preview Brasil vs Serbia. (Foto: B1/Rommy)

Preview Brasil vs Serbia. (Foto: B1/Rommy)

Brasil vs Serbia: Apapun Bisa Terjadi, Begini Hitung-hitungannya

Kamis, 24 November 2022 | 17:52 WIB
Surya Lesmana (redaksi@investor.id)

LUSAIL, investor.id – Brasil memulai kampanyenya di Piala Dunia Qatar menghadapi Serbia di pertandingan Grup G dengan status favorit juara turnamen. Status besar ini selalu disematkan kepada tim Samba dalam setiap ajang Piala Dunia, demikian juga dengan di Piala Dunia 2022.

Selecao telah memenangi lima kali trofi Piala Dunia, yang terakhir kalinya pada 2002 ketika mengalahkan Jerman 2-0 di final. Sejak itu, Brasil hanya sekali mencapai semifinal dan menderita tiga kali tersingkir di perempat final, termasuk empat tahun lalu (2018) di tangan Belgia.

Tetapi, karena Tite menjadi manajer pertama yang memimpin Brasil ke Piala Dunia berturut-turut sejak Tele Santana pada 1980-an, pelatih berpengalaman itu berharap hasil yang lebih baik di turnamen kali ini.

Baca juga: Portugal vs Ghana: Fokus ke Tim, Bukan Ronaldo

Brasil adalah satu-satunya tim yang ambil bagian dalam setiap Piala Dunia sejak yang pertama pada tahun 1930, dan dengan ini menjadi penampilan ke-22 mereka di pesta sepak bola global tersebut. Raksasa Amerika Selatan itu tidak terkalahkan dalam 15 pertandingan grup terakhir mereka, menang 12 kali.

Serbia menjadi lawan pertama untuk Brasil pada pertandingan di Stadion Lusail, Jumat (25/11/2022) dini hari WIB. Selain itu di Grup G juga ada Swiss dan Kamerun.

Sebagai negara merdeka, Serbia telah tersingkir di babak penyisihan grup dalam tiga penampilan Piala Dunia mereka. Namun, mereka lolos tahun ini tanpa terkalahkan dalam delapan pertandingan kualifikasi.

Baca juga: Uruguay vs Korsel: Ada Kejutan Lagi dari Asia?

Brasil telah memenangkan masing-masing dari dua pertemuan mereka sebelumnya melawan Serbia dengan tanpa kebobolan. Termasuk pertemuan terakhir mereka pada penyisihan grup di Piala Dunia Rusia 2018 saat tim Samba menang 2-0.

Kondisi Tim

Pada pertandingan nanti, Tite akan memiliki pasukan yang sepenuhnya fit , dengan Antony, Bruno Guimaraes dan Alex Telles semuanya pulih dari masalah. Dengan demikian, Selecao dapat menggunakan formasi 4-1-4-1 atau 4-2-3-1, dengan kapten Thiago Silva memulai dari empat bek bersama Danilo , Marquinhos dan Alex Sandro, menjadi pelindung kiper utama Alisson Becker.

Casemiro dan Lucas Paqueta adalah dua kandidat yang paling mungkin untuk ditempatkan di lini tengah, sementara pemain bintang Neymar dapat beroperasi dalam peran nomor 10 di samping pemain sayap Raphinha dan Vinicius Junior.

Baca juga: Ternyata, 2 Gol Jepang Dicetak Pemain yang Merumput di Liga Jerman

Richarlison dari Tottenham Hotspur, yang telah pulih dari cedera betis bisa saja diberi tempat di depan, dengan opsi lain pemain Arsenal Gabriel Jesus.

Berbeda dengan Brasil, kondisi tim Serbia tak sepenuhnya dalam kondisi prima. Aleksandar Mitrovic belum sepenuhnya pulih dari cedera pergelangan kaki dan diperkirakan akan mulai di bangku cadangan, dengan Luka Jovic akan mulai di depan bersama Dusan Vlahovic.

Pelatih Dragan Stojkovic bisa memasang tiga pertahanan di belakang setelah kemenangan di pertandingan persahabatan 5-1 atas Bahrain pekan lalu, dengan Strahinja Pavlovic berharap untuk bergabung dengan Nikola Milenkovic dan Stefan Mitrovic di bek tengah.

Baca juga: Mendagri Jerman Pakai Ban OneLove di Piala Dunia Meski Dilarang

Ketiga bek bisa ditugaskan untuk melindungi kiper Vanja Milinkovic-Savic. Sementara itu, Nemanja Gudelj dari Sevilla siap untuk memulai di lini tengah bersama bintang Lazio Sergej Milinkovic-Savic , dengan Andrija Zivkovic dan Filip Kostic memberikan lebar sebagai bek sayap, sementara kapten Dusan Tadic akan memulai dalam peran nomor 10.

Perkiraan Pemain

Brasil: Alisson (GK), Danilo, Thiago Silva, Marquinhos, Sandro, Casemiro, Paqueta, Raphinha, Neymar, Vinicius Jr, Richarlison

Serbia: V. Milinkovic-Savic (GK), Milenkovic, S. Mitrovic, Pavlovic, Zivkovic, Gudelj, S. Milinkovic-Savic, Kostic, Tadic, Vlahovic, Jovic.

Prediksi

Serbia telah kehilangan tujuh dari sembilan pertandingan Piala Dunia mereka dan mendapatkan pertandingan pembuka yang sangat sulit (lawan Brasil). Namun, mereka menunjukkan di babak kualifikasi bahwa mereka adalah tim yang sulit untuk dikalahkan.

Analisis Opta memprediksi tim asuhan Stojkovic ini peluang menangnya hanya 14,3% untuk mengalahkan Brasil.

Sementara itu, kemenangan Selecao peluangnya mencapai 65,6%, dengan hasil imbang diprediksi sebesar 20,1%.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com