Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sekretaris Ditjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) drg. Kartini Rustandi, M.Kes

Sekretaris Ditjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) drg. Kartini Rustandi, M.Kes

Disiplin Protokol Kesehatan Demi Jaga Keberlangsungan Usaha

Rabu, 21 Oktober 2020 | 13:42 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id  – Kolaborasi berbagai pihak, mulai dari Pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat sangat diperlukan dalam menerapkan disiplin protokol kesehatan di lingkungan kerja maupun pabrik. Sebab, hal itu tidak hanya menjadi salah satu upaya dalam menekan penularan Covid-19. Tapi juga menjadi kunci utama dalam menjaga keberlangsungan usaha dan menjaga tetap produktif di tengah masa pandemi yang saat ini berada di masa adaptasi kebiasaan baru.

Sekretaris Ditjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) drg. Kartini Rustandi M.Kes mengatakan penerapan adaptasi kebiasaan baru bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan menerapkan protokol kesehatan bagi setiap orang untuk mencegah penularan Covid-19. Hal ini merupakan upaya membangun masyarakat yang produktif tetapi aman dari Covid-19, mengingat di masa ini kegiatan usaha pun kembali bergulir.

Dalam hal ini, lanjut dia, Pemerintah telah menerapkan kebijakan terkait protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 melalui KMK 328 dan 382/2020.

“Namun, diperlukan kemitraan antara pemerintah, baik pusat maupun daerah, lintas sektor dan dunia usaha, serta masyarakat dalam disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak,” ungkap drg Kartini di sela Webinar 'Peran Dunia Usaha, Filantropi dan Media dalam Gerakan Masyarakat Bersatu untuk Menerapkan Protokol Kesehatan, Hidup Sehat dan Produktif', Rabu (21/10).

Direktur Promosi Kesehatan & Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes dr Riskiyana S Putra MKes menambahkan partisipasi semua elemen masyarakat adalah kunci keberhasilan sebuah program. Pemerintah pun terus mencari formula terbaik untuk dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan.

Menurutnya, berkolaborasi dengan banyak pihak adalah salah satu sarana penting yang harus terus dilakukan.

“Karena selain dapat memperluas jangkauan partisipasi juga dapat memperkaya pengetahuan dan wawasan yang bermanfaat dalam membuat strategi dan kebijakan kedepan,” jelasnya.

VP General Secretary Tirta Investama Vera Galuh Sugijanto
VP General Secretary Tirta Investama Vera Galuh Sugijanto

Sementara itu, VP General Secretary Tirta Investama Vera Galuh Sugijanto mengatakan dunia usaha telah menerapkan berbagai protokol kesehatan di lingkungan kerja maupun di pabrik. Salah satunya yang telah diterapkan di perusahaanya dengan memberlakukan tiga hal, seperti membentuk tim gugus tugas, protokol, hingga menghadirkan fasilitas pendukung.

“Dengan panduan utama kami adalah keamanan dan kesehatan karyawan terpenting, akses produk hidrasi dan nutrisi tersedia untuk konsumen, keberlangsungan usaha dan ekonomi, mengikuti panduan pemerintah, mengalirkan dampak baik untuk komunitas dan lingkungan,” tutupnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN