Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Fitquarters, jadi startup buatan anak bangsa pertama yang memberikan solusi dalam pengelolaan gym (pusat kebugaran) secara digital.

Fitquarters, jadi startup buatan anak bangsa pertama yang memberikan solusi dalam pengelolaan gym (pusat kebugaran) secara digital.

Fitquarters Tawarkan Solusi Digital Industri Kebugaran Indonesia

Jumat, 22 April 2022 | 07:31 WIB
Euis Rita Hartati (erita_h@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Semakin pulihnya aktivitas masyarakat saat ini membuat banyak sektor yang juga kembali bangkit dari keterpurukan. Terutama bisnis pusat kebugaran yang terus tumbuh, menurut catatan Global Wellness Institute, ekonomi industri kebugaran dunia pada tahun 2019 tumbuh dengan rekor tertinggi hingga 4,9 triliun dolar namun turun 11% menjadi US$ 4,4 triliun di saat pandemi tahun 2020.

Namun, sejalan dengan terjadinya perubahan kebiasaan masyarakat ke digital dan juga perhatian mereka terhadap kesehatan di masa pandemi, ekonomi industri kebugaran diprediksi akan meningkat signifikan sebesar 10% per tahunnya di tahun 2025 atau akan mencapai US$ 7 triliun. Tentunya hal ini dapat terjadi jika pelaku industri seperti pusat kebugaran konvensional dapat beradaptasi dengan kebutuhan digital masyarakat saat ini.

Situasi ini dimanfaatkan Fitquarters, salah satu startup buatan anak bangsa pertama yang memberikan solusi dalam pengelolaan gym (pusat kebugaran) secara digital. Fitquarters mencoba untuk menjadi penghubung kesenjangan digital di bisnis pusat kebugaran di Indonesia dimana saat ini hampir 90% pusat administrasi kebugaran lokal masih beroperasi menggunakan kertas atau pencatatan manual lainnya.

“Ada 3 masalah utama di industri pusat kebugaran di Indonesia. Pertama adalah pengelolaan membership yang masih dilakukan secara manual dan tidak memiliki database terpusat, kedua adalah pengelolaan kelas dan staff yang tidak memiliki keterangan tentang jadwal dan kapasitasnya, lalu yang terakhir adalah pengelolaan keuangan, banyak pusat kebugaran yang tidak berkembang karena kesulitan dalam mengelola pemasukan dan pengeluaran. Fitquarters hadir dengan platform digital yang memudahkan pelaku bisnis untuk menyelesaikan masalah tersebut,” kata Firman Ardiansyah, Founder dari Fitquarters.

Rian Raveli, Founder Olympus Lifting Club yang merupakan pengguna Fitquarters mengatakan, dulu semua administrasi membership di gym dicatat secara manual, sering sekali terjadi kesalahan yang dilakukan oleh team.

“Setelah gunakan Fitquraters semuanya menjadi digital, Tingkat kesalahan juga menurun drastis. Fitur payroll sangat membantu untuk gym yang menggunakan konsep kelas. Lewat fitquarters semuanya jadi lebih mudah dan akurat," katanya.

Produk Fitquarters terbagi menjadi Basic, Premium dan Enterprise sesuai dengan fitur kebutuhan gym/studio. Fitur-fitur yang tersedia di dalam aplikasi adalah Business dashboard, Member Management, Staff Management, Staff Payroll, Class Scheduling & Online Booking, Member App, Reporting Tools dan juga POS (Point-of-Services). Untuk keterangan lebih lanjut dapat mengunjungi laman www.fitquarters.id atau akun Instagram: Fitquarters.id.

 

Editor : Euis Rita Hartati (euis_somadi@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN