Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Gaya Hidup Tak Sehat Bisa Memicu Batuk

Jumat, 4 Juli 2014 | 07:32 WIB
Oleh Happy Amanda Amalia

Batuk sebenarnya bukanlah suatu penyakit, melainkan sebuah mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan. Batuk merupakan pertanda gejala dari suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan lainnya.

Batuk bisa terjadi karena adanya rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, hingga telinga). Kemudian, reseptor akan mengalirkan reaksinya lewat syaraf ke pusat otak. Selanjutnya, hal itu akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, sehingga terjadilah batuk.

Ahli diet klinis (clinical dietitian) sekaligus pakar di bidang nutrisi dan pencegahan penyakit Emilia E Achmadi, MS, menuturkan, batuk merupakan sinyal tubuh mengatasi radang terutama di saluran napas. Batuk terjadi untuk mengeluarkan suatu benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, proses batuk berfungsi untuk mengurangi proses iritasi di dalam tubuh.

“Dengan kata lain, batuk merupakan iritan (reaksi terhadap sesuatu) dan bukan berarti sebuah penyakit, melainkan sebuah symptom atau gejala,” ujar dia di Jakarta, belum lama ini.

Baca selengkapnya di Investor Daily versi cetak di https://subscribe.investor.id

Editor : Juang N Hutagalung (juang.natigor@investor.co.id)

BAGIKAN