Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Dr Vivid F Argarini Praktisi Pendidikan dan Komunikasi

Dr Vivid F Argarini Praktisi Pendidikan dan Komunikasi

Ini Kiat Dampingi Anak Selama PJJ dengan Menyenangkan

Kamis, 27 Agustus 2020 | 17:23 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Hingga saat ini, pembelajaran jarak jauh (PJJ) masih diberlakukan bagi anak-anak Indonesia mengingat pandemi Covid-19 belum menunjukkan adanya penurunan. Tercatat sudah hampir lebih dari enam bulan mereka melaksanakan PJJ tentu saja menimbulkan kebosanan, baik bagi anak maupun orang tua.

Sedangkan, PJJ diperkirakan masih akan diberlakukan dalam waktu lama. Lalu bagaimanakah tips dan trik orang tua dalam mendampingi anak menjalani PJJ dengan cara menyenangkan?

Dr Vivid F Argarini, seorang praktisi pendidikan dan komunikasi serta ibu dari tiga orang anak, mengatakan usia sekolah dasar, yaitu 6-12 tahun, adalah masa yang sangat penting bagi perkembangan kognitif, afektif dan psikomotorik anak-anak.

Hadirnya pandemi ini sangat mempengaruhi cara belajar anak-anak, sehingga mereka pun perlu mendapatkan dukungan dan pendampingan lebih dari orang tua, keluarga, guru dan sekolah, untuk memastikan mereka dapat belajar dan bertumbuh dengan baik, mulai dari kesehatan fisik, interaksi sosial, serta pengembangan logika dan kreativitas mereka.

Menurut Vivid, program pembelajaran yang baik adalah yang melatih anak terkait keahlian masa depan, seperti problem solving, pembuatan keputusan, kolaborasi, networking, komunikasi, kreativitas, kemampuan analisis mendalam dan berpikir kritis, serta pengertian lintas budaya, serta yang sangat penting yaitu manners atau sikap. Hal ini bertujuan untuk membantu mereka mempersiapkan diri menghadapi dunia yang semakin kompleks dan menantang.

“Inilah mengapa kegiatan belajar harus menyenangkan dan bermanfaat bagi mereka, sehingga anak-anak dapat bertumbuh optimal,” ungkapnya di sela Konferensi Pers Virtual HiLo School Learn & Play 2020, Kamis (27/8).

Untuk itu, Vivid pun berbagi kiat mendampingi belajar anak selama PJJ. Pertama, lakukan time management yang baik, antara pekerjaan rumah, pekerjaan kantor bagi ibu bekerja, maupun saat mendampingi anak belajar. Serta, ciptakan engagement antara anak, orang tua, dan guru untuk bersama mengikuti perkembangan anak.

Hal ini sangat bermanfaat karena keluarga berperan lebih besar mendorong perkembangan anak. Konten edukatif mengarahkan anak berpikir logis dan menghilangkan konsep menghafal.

Tidak hanya itu, fokus tidak hanya ada kemampuan kognisi, tapi juga kreativitas. Namun, tidak bisa dipungkiri PJJ juga akan menimbulkan stres baik pada orang tua dan anak.

“Ada beberapa cara untuk relaxing, yaitu nonton bareng, main bareng, story telling, dan bermain Tiktok bareng,” jelasnya.

Susana Head of Marketing, Nutrifood
Susana Head of Marketing, Nutrifood

Susana, Head of Marketing Nutrifood menyatakan pandemi telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk cara belajar anak-anak usia sekolah dasar. Pemerintah Indonesia menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, sebagai bentuk adaptasi dunia pendidikan terhadap situasi saat ini.

“Tentunya hal ini menuntut banyak pihak, mulai dari sekolah, guru, anak dan orang tua untuk menyesuaikan cara belajar mengajar yang baru,” papar dia.

Hal itu, lanjut Susana, Nutrifood melalui Susu HiLo School hadir bukan hanya untuk mendukung pemenuhan nutrisi adik-adik usia sekolah dasar agar sehat dan tumbuh optimal, namun juga ingin menemani adik-adik Indonesia agar belajar secara online dengan menyenangkan melalui HiLo School Learn & Play 2020.

“Kami percaya bahwa belajar dan bermain secara online bisa tetap menyenangkan, serta ingin mendukung anak-anak Indonesia agar tetap aktif dan berprestasi di masa yang cukup menantang ini,” tutupnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN