Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sejumlah pengunjung di dalam mall di Jakarta Pusat, Rabu (3/11/2021). Foto ilustrasi: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

Sejumlah pengunjung di dalam mall di Jakarta Pusat, Rabu (3/11/2021). Foto ilustrasi: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

Jabodetabek PPKM Level 2, Kapasitas Tempat Ibadah, Area Publik dan Kegiatan Seni Budaya 75%

Selasa, 5 Juli 2022 | 12:16 WIB
Parluhutan Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 33 tahun 2022 tentang PPKM Level 2 dan Level 1 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali. Sedangkan status PPKM daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dinaikkan menjadi Level 2 dari sebelumnya Level 1.

Peningkatan level tersebut berimbas terhadap sejumlah kegiatan, seperti kapasitas pengunjung di tempat ibadah, area publik, kegiatan seni budaya hingga gym menjadi 75% dari awalnya 100% pada PPKM Level 1 dalam Inmendagri sebelumnya.

Advertisement

Baca juga: PPKM Jawa-Bali Diperpanjang,  14 Daerah Dinaikkan ke PPKM Level 2

“Tempat ibadah (Masjid, Musholla, Gereja, Pura, Vihara, dan Klenteng serta tempat lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah), dapat mengadakan kegiatan peribadatan/keagamaan berjamaah selama masa penerapan PPKM Level 2 dengan maksimal 75% kapasitas dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat dan memperhatikan ketentuan teknis dari Kementerian Agama” demikian isi aturan Inmendagri Nomor 33/2022 yang dikutip Beritasatu.com, Selasa (5/7/2022).

Begitu juga dengan fasilitas umum seperti area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya, diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 75% dengan menerapkan protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Kesehatan dan/atau kementerian/lembaga terkait.

Inmendagri tersebut juga menyebutkan bahwa masyarakat diwajibkan untuk memakai masker dan menjaga protokol kesehatan serta menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai serta hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.

Untuk anak usia di bawah 12 tahun wajib didampingi orang tua. Khusus anak usia 6 tahun sampai dengan 12 tahun wajib menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.

Inmendagri ini juga mengatur kegiatan seni, budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan (lokasi seni, budaya, sarana olahraga dan kegiatan sosial yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan) diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 75% dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang Hingga 1 Agustus

Serta wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.

Sementara itu, kegiatan di pusat kebugaran/gym diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 75% dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat serta wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN