Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Yoga untuk umum Foto ilustrasi: IST

Yoga untuk umum Foto ilustrasi: IST

Jaga Kesehatan Tulang, Sendi dan Otot dengan Yoga

Senin, 21 Juni 2021 | 22:05 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Seseorang harus selalu aktif bergerak sejak dini hingga lanjut usia untuk mendapatkan kesehatan secara menyeluruh. Dengan aktif bergerak, sistem gerak tubuh seperti tulang, sendi, dan otot pun bisa berfungsi dengan baik, sehingga akan menjadi investasi kesehatan di masa depan agar terhindar dari risiko terkena penyakit tidak menular. Salah satu olahraga yang mampu menjaga kesehatan tulang, sendi dan otot sekaligus adalah dengan yoga.

dr Angelica Anggunadi SpKO, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga mengatakan yoga termasuk olahraga low intensity yang aman untuk dilakukan oleh setiap orang. Rutin melakukan yoga akan mengasah fokus, dan meningkatkan kesehatan fisik serta mental. Dari sisi kesehatan, yoga bermanfaat dalam membuat otot menjadi lebih kuat dan meningkatkan fleksibilitas serta keseimbangan tubuh.

Menurut studi pada International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity 20191, yoga bahkan dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang (termasuk lansia) karena dapat mengurangi despresi (stress dan kecemasan), memperbaiki kualitas tidur, serta meningkatkan kebugaran dan mobilitas.

Yoga termasuk olahraga low intensity yang aman untuk dilakukan oleh setiap orang.
Yoga termasuk olahraga low intensity yang aman untuk dilakukan oleh setiap orang.

“Agar manfaat yoga dapat diterima oleh tubuh secara optimal, perlu persiapan yang baik, termasuk mengetahui kondisi kesehatan masing-masing dan dukungan berbagai asupan nutrisi yang bisa mendukung kekuatan tulang, sendi dan otot seperti kalsium, kolagen, vitamin C dan juga protein, serta nutrisi tambahan seperti magnesium, zinc dan kalium bagi lansia,” ungkapnya dalam keterangan pers diterima Senin (21/6).

dr Angelica menambahkan untuk menurunkan risiko terjadinya cedera akibat yoga, sangat penting untuk setiap orang melakukan berbagai gerakan yoga sesuai kemampuan masing-masing dan jangan memaksakan diri bila timbul rasa nyeri saat mencoba melakukan suatu gerakan. Yoga aman dilakukan setiap hari dan dapat dilakukan di pagi hari saat tubuh masih segar ataupun pada sore atau malam hari agar tubuh jadi lebih rileks setelah seharian bekerja/beraktivitas. Dan satu hal yang tidak boleh dilupakan agar yoga dapat memberikan manfaat secara optimal dengan risiko cedera yang lebih rendah, maka yoga perlu dilakukan secara rutin setidaknya dua kali dalam seminggu.

“Dengan begitu, tubuh kita juga dapat lebih mudah beradaptasi dengan berbagai gerakan yoga yang dilakukan,” tegasnya.

Listiana Hartanto (Lisna), Instruktur Yoga mengatakan semakin bertambahnya umur maka fungsi gerak tubuh juga semakin berkurang, sehingga Yoga menjadi salah satu pilihan olahraga yang tepat bagi lansia karena tidak membutuhkan gerakan yang terlalu sulit. Jika lansia memiliki keterbatasan gerak, yoga bisa dilakukan sambil duduk di kursi atau di matras yoga, sehingga lansia tetap bisa bergerak sesuai dengan kemampuan tubuh. Beberapa pose yoga yang aman dilakukan lansia dengan posisi duduk adalah Side Bend, Chest Opener, Forward Fold, Cat & Cow Pose, Toes Massage, Feet Point & Flex, Chair Pose, Simple Twist, Rounded Spine, Eagle Arms, Shoulder Rotation, dan Spinal Release.

Yoga untuk lansia. Foto ilustrasi: IST
Yoga untuk lansia. Foto ilustrasi: IST

Namun, lanjut Lisna, apabila para lansia memiliki kondisi kesehatan tertentu, lebih baik konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan yoga duduk atau pose lainnya. Bagi lansia, perlu disiapkan beberapa hal sebelum melakukan olahraga yoga.

“Diantaranya adalah memperhatikan kondisi kesehatan dan kemampuan tubuh, pilih gerakan yoga yang aman dan ringan, melakukan pemanasan, dan lakukan yoga bersama instruktur atau keluarga,” paparnya.

Melihat banyaknya manfaat yoga, Marketing Manager Anlene Rhesya Agustine Fonterra Brands Indonesia melalui brand Anlene bertepatan dengan Hari Yoga Sedunia mengajak masyarakat Indonesia untuk tetap aktif bergerak dan menjaga kekuatan tulang, sendi dan otot melalui Yoga, sebagai olahraga yang tepat dan aman bagi segala usia. Serta, mengajak masyarakat untuk memenuhi asupan nutrisi agar manfaat yoga dapat diperoleh dengan maksimal.

Sebagai olahraga yang fokus pada kekuatan, kelenturan, keseimbangan hingga pernapasan, yoga membutuhkan kesehatan tulang, sendi, dan otot.

“Nutrisi yang maksimal membantu kesehatan tulang, sendi dan otot agar yoga dapat dilakukan dengan benar dan aman,” tutupnya. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN