Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Telemedicine Alodokter

Telemedicine Alodokter

Jelang Idul Fitri, Ini Tips dari Alodokter agar Tetap Fit

Rabu, 27 April 2022 | 15:01 WIB
Mardiana Makmun (mardiana@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – Jelang Hari Raya Idul Fitri, kondisi tubuh harus fit. Apalagi yang akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Karena itu, lakukan beberapa kebiasaan sehat agar tetap fit.

“Rangkaian kebiasaan sehat yang konsisten dilakukan akan mendukung tubuh untuk selalu siap dan aktif, termasuk saat berpuasa di bulan Ramadan dan jelang Idul Fitri. Alodokter sebagai platform kesehatan digital terkemuka berusaha untuk terus mendukung kebiasaan sehat dengan menyediakan layanan konsultasi serta kebutuhan kesehatan lainnya bagi masyarakat. Semakin spesial di bulan Ramadan ini, kami juga bermitra dengan ShopeePay Big Ramadan Deals agar belanja kebutuhan kesehatan semakin mudah dan nyaman dengan berbagai penawaran dan promo menarik,” kata Suci Arumsari, Co-Founder & President Director Alodokter dalam keterangan tertulis

“Kampanye ShopeePay Big Ramadan Deals selama bulan Ramadan akan berlangsung hingga 5 Mei mendatang. Dapatkan cashback hingga 100%. Caranya, beli voucher cashback di fitur ShopeePay Sekitarmu pada aplikasi Shopee dan gunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran,” jelas Suci.

Menjaga tubuh tetap prima dapat dilakukan dengan memulai kebiasaan sehat sederhana. Alodokter membagikan beberapa tips agar selalu fit, khususnya jelang Idul Fitri.

Berolahraga Ringan di Sela Kesibukan

Rutin menjalankan olahraga harian setidaknya 30 menit setiap hari dapat mendukung fisik agar tetap fit. Selain itu, berolahraga juga mampu mengurangi stres, serta membuat suasana hati lebih baik dan rileks melalui produksi hormon endorfin. Meskipun berbeda dari hari-hari biasa, puasa bukanlah alasan untuk tidak berolahraga.

Di tengah padatnya jadwal, bisa meluangkan waktu pada sore hari, satu atau dua jam menjelang maupun setelah berbuka puasa. Pilihlah olahraga atau aktivitas fisik yang tepat dengan intensitas ringan agar tidak terlalu lelah, misalnya jogging atau jalan santai, sertai juga dengan peregangan otot dengan gerakan yang terarah sebagai pemanasan dan pendinginan.

Jaga Pola Makan dan Cukupi Istirahat

Saat berpuasa, menjaga konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang saat sahur dan berbuka sangatlah penting. Menyesuaikan waktu makan yang berubah, porsi makanan pun perlu disesuaikan dengan kebutuhan agar tidak kekurangan maupun berlebihan. Supaya tidak lemas saat berpuasa, pastikan konsumsi makanan sahur dan berbuka yang seimbang kadar karbohidrat, protein, lemak, dan seratnya. Jangan lupa, perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka, dengan total minimal 8 gelas per hari. Pola tidur pun juga perlu disesuaikan agar tubuh tetap segar. Disarankan untuk mengurangi aktivitas berat dan beristirahatlah lebih awal pada malam hari setelah beribadah.

Konsumsi Vitamin yang Dibutuhkan 

Selain berolahraga rutin, menjaga kekebalan tubuh juga bisa didukung dengan mengonsumsi vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin ini juga semakin penting untuk dikonsumsi selama berpuasa. Dengan memilih vitamin yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan dapat memaksimalkan kinerja suplemen yang masuk ke tubuh. Manfaatkan fitur Tanya Dokter dari Alodokter untuk bertanya seputar kesehatan, termasuk menanyakan vitamin yang tepat untuk kebutuhan tubuhmu. Terlebih, kamu bisa langsung membeli vitamin yang dibutuhkan melalui fitur Aloshop yang tersedia di aplikasi Alodokter dengan layanan antar langsung ke rumah.

Cek Kesehatan Secara Berkala

Cek kesehatan secara berkala diperlukan untuk mengetahui kondisi tubuh, serta meminimalkan risiko penyakit. Pada saat berpuasa, kerap kali kita menjadi kalap saat berbuka, sehingga nilai gizi seimbang dari makanan yang dikonsumsi berisiko menjadi tidak terkontrol. Hal ini bisa saja membahayakan tubuh. Karena itu, cek kesehatan berkala diperlukan untuk mengetahui kondisi tubuh, meminimalkan potensi penyakit. Apalagi kalau sudah memiliki riwayat penyakit tertentu sebelumnya. Manfaatkan layanan chat dengan dokter di aplikasi Alodokter agar langsung terhubung dengan dokter yang kompeten untuk berkonsultasi. Dapatkan informasi seputar kesehatan melalui laman web dan aplikasi Alodokter yang dapat mendukung untuk tetap fit di bulan Ramadan.

Editor : Mardiana Makmun (mardiana.makmun@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN