Menu
Sign in
@ Contact
Search
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito.

Kasus Covid-19 Naik,  Masyarakat Diimbau Segera Vaksinasi Dosis Lengkap

Jumat, 11 Nov 2022 | 08:07 WIB
Maria Fatima Bona (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito mengimbau masyarakat yang belum vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster  untuk segera melakukan vaksinasi.

“Masyarakat yang belum divaksin lengkap untuk melakukan vaksinasi  sampai dengan booster atau dosis ketiga,” ujar Wiku  pada konferensi pers daring terkait;  “Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia,” secara daring, kemarin.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Apakah Dipicu Subvarian Omicron XBB?

Untuk mendapatkan vaksinasi, Wiku menyarankan , masyarakat   mendatangi  sentra vaksinasi terdekat di daerah masing-masing.  Pasalnya, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mendatangi  5 juta dosis vaksin  Pfizer untuk memenuhi kebutuhan  vaksin dibeberapa daerah.

Advertisement

Menurut Wiku, hingga saat ini, ada sekitar 2,5  juta dosis vaksin telah disebar untuk mempercepat pelaksanaan kegiatan vaksinasi  di kabupaten/kota.

Selanjutnya, ia juga mengimbau  kepada  kepala  daerah mulai dari gubernur hingga kepala desa dan lurah untuk tidak mengajak warga untuk melakukan vaksinasi Covid-19 serta meminta kepada pemerintah pusat apabila stok vaksin  daerah habis.

Baca juga: Kasus Covid-19 Naik Dua Kali Lipat Dalam 6 Minggu, Apa Pemicunya?

“Semua ini merupakan  upaya untuk  menjaga masyarakat kita  dengan hard immunity  agar  tetap tinggi di tengah kenaikan kasus Covid-19,” kata Wiku.

Wiku juga menuturkan, untuk mengantisipasi kenaikan kasus yang signifikan, pemerintah memperpanjang pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat di Indonesia (PPKM) untuk wilayah Jawa-Bali  selama dua minggu, sedangkan wilayah luar Jawa-Bali selama satu bulan.  Adapun situasi seluruh kabupaten/kota di Indonesia berada pada level 1.

“Di tengah kenaikan kasus Covid-19 saat ini, saya minta kepada pemerintah kabupaten/kota  untuk memaksimalkan seluruh instrumen kedinasan   yang berkaitan dengan penanganan Covid-19  untuk memperkuat testing, tracing,  dan  treatment serta mengajak masyarakat untuk taat  dan  disiplin memakai masker,” ucapnya.

Dikatakan Wiku, pemerintah pusat akan terus melakukan evaluasi  dan memonitor kinerja dari pemerintah daerah (pemda)  untuk  menjaga keselamatan dan kesehatan  dari  setiap warganya.

Baca juga: Bertambah, Kemenkes Catat 48 Kasus Subvarian Omicron XBB di Indonesia

Sebagaimana diketahui, kasus Covid-19 nasional baik itu kasus positif, aktif dan kematian mengalami kenaikan sekitar dua kali lipat dalam enam minggu terakhir.

Wiku menyebutkan, saat ini, tercatat 30.000 kasus positif Covid-19 di Indonesia dalam seminggu terakhir. Sementara, enam minggu sebelumnya angka kasus positif Covid-19 mingguan berkisar 12.000 kasus hingga 19.000 kasus.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com