Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi toilet

Ilustrasi toilet

Kemajuan Teknologi Mempermudah Pola Hidup Higienis

Kamis, 16 Januari 2020 | 20:19 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Tahukah kalian, ternyata memiliki kebiasaan hidup yang sekadar bersih saja itu tidak cukup lho, jika ingin kita dan keluarga kita terhindar dari berbagai risiko penyakit akibat penyebaran kuman dan bakteri. Jadi kalau ingin benar-benar sehat dan meminimalisasi berkembang biaknya kuman dan bakteri di berbagai benda rumah tangga khususnya perlengkapan di dalam kamar mandi, kita juga harus memiliki pola hidup higienis.  

Meski begitu, kalian tak lantas perlu bersikap berlebihan dengan segalanya serba steril. Bagaimana pun kuman dan bakteri akan mudah didapati pada pakaian kotor, permukaan di berbagai peralatan rumah tangga maupun peralatan di kamar mandi seperti shower yang berkarat, wastafel yang tertinggal noda, kloset yang lembab ataupun lantai kamar mandi yang tak dibersihkan secara teratur berkala.

Untuk urusan kebersihan dan masalah higienis, ternyata kamar mandi adalah hal penting yang harus diperhatikan dalam rumah. Kamar mandi juga wajib mendapatkan perhatian ekstra penghuninya terutama dari segi kebersihan dan kenyamanan seluruh anggota keluarga,  khususnya kloset yang setiap hari kita pakai secara berkali-kali dan terus menerus.

Berbicara soal kebersihan kloset, kita tentu tahu bahwa kloset juga harus rutin dibersihkan. Kloset yang tidak higienis akan jadi sasaran empuk dan tempat berkembang biak kuman dan bakteri. Sebut saja Shigella, Salmonella dan bahkan Norovirus yang berasal dari tumpahan kotoran.

Makhluk-makhluk kloset seperti ini dapat bertahan hidup di permukaan kloset berminggu-minggu atau berbulan-bulan, apabila kita tidak rajin membersihkannya, maka dapat berakibat mudahnya bakteri-bakteri  tersebut menyebar ke tubuh, yang kemudian memicu  berbagai masalah medis dan penyakit.

Selain itu, dikutip dari News.com.au, para ahli juga memperingatkan untuk menutup toilet ketika menyiramnya sehingga kuman-kuman yang ditumpahkan dari kotoran tersebut, tidak terbang ke seluruh kamar mandi.  Hal ini sangat perlu diperhatikan, mengingat banyak orang yang masih menyiram toilet dalam kondisi terbuka.  Nah, salah satu tempat yang bisa menjadi tempat mendarat kuman-kuman tersebut adalah sikat gigi, yang kemudian akan berakhir di mulut seseorang.  Hiii, kebayang kan gimana gelinya kalau kuman itu nempel di mulut kita.

Dengan kemajuan zaman dan teknologi yang ada saat ini, para produsen kloset duduk sudah banyak melakukan penelitian agar kloset menjadi higienis dan nyaman digunakan, salah satunya telah dilakukan oleh TOTO, produsen dunia terbesar dalam bidang toilet.  Kloset duduk pun juga dinilai lebih higienis.

Yang dimaksud higienis adalah: bersih, tidak berbau, dan pinggirannya tidak basah. Pinggiran kloset yang basah akan menjadi sarang bakteri penyebab penyakit kulit dan kelamin, dimana kloset jongkok cenderung sulit memenuhi standar ini.

Berbeda dengan kloset duduk pada umumnya, produk-produk kloset duduk keluaran TOTO memiliki kelebihan dan teknologi mutakhir yang dapat membuat toilet selalu bersih dan higienis.  Jadi, bukan hanya dilengkapi sensor otomatis dengan buka tutup saja, kloset TOTO juga memiliki sensor lain yang bisa membuat permukaan tempat duduknya terasa hangat dan yang jelas, kuman pun bakal enggan bersarang di dudukannya.  

Selain itu, kloset duduk TOTO memiliki keunggulan-keunggulan lain, diantaranya, air pembilasnya diatur  langsung untuk disemprotkan ke mangkuk kloset sehingga kotoran akan sulit menempel, memiliki teknologi eWater+ yang secara otomatis menyalurkan air dan menjaga mangkuk dan nozzle toilet tetap bersih, serta adanya filter udara yang berguna untuk membersihkan udara di sekitar dudukan kloset, jadi kebersihan kulit kamu akan tetap terjaga.  Keren banget kan!.

Dan ternyata, nggak cuma higienis, kloset duduk TOTO ini juga ternyata sangat ramah lingkungan.  Dengan teknologi EWater+ yang sangat canggih, washlet kloset duduk TOTO  dapat mengubah air biasa menjadi Ewater+ yang memiliki kandungan asam pH yang ramah lingkungan.

Kuman dan Bakteri memang mudah ditemukan dimana-mana, jadi semua ini tergantung pada tingkat perhatian dan kesadaran kita  masing-masing  juga sih dalam menggunakan kloset. Namun, demi kesehatan kita dan keluarga, sebaiknya kita juga harus selalu mawas diri dan menjaga kebersihan individu masing-masing.  Dan pilihan untuk menggunakan kloset duduk yang higienis dan ramah lingkungan, adalah salah satu usaha kita untuk menjaga kehigienisan tersebut. Jadi, pastikan keluarga menggunakan kloset duduk yang sudah pasti higienis dan anti bakteri ya!

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN