Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pelatihan membuat dan mengedit video bagi Komunitas Guru Pintar diselengarakan oleh Aku Pintar

Pelatihan membuat dan mengedit video bagi Komunitas Guru Pintar diselengarakan oleh Aku Pintar

Komunitas Guru Pintar Diharapkan Tingkatkan Kompetensi Guru

Jumat, 25 Desember 2020 | 11:22 WIB
Mardiana Makmun (mardiana@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id- Aku Pintar membentuk Komuitas Guru Pintar. Komunitas ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan memberikan apresiasi kepada guru di Indonesia.


“Kami menyadari peran guru sangatlah penting bagi perkembangan siswa yang menentukan masa depan bangsa. Guru perlu difasilitasi secara konsisten agar dapat mengembangkan kapasitas diri, meng-upgrade potensinya, dan meningkatkan kompetensi baik dari sisi pengetahuan maupun keterampilan. Ini demi menunjang kemampuan dalam melaksanakan proses pembelajaran, demikian juga untuk guru bimbingan dan konseling dalam  memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswanya. Melalui Komunitas Guru Pintar, kami berkomitmen untuk secara berkala membuat kegiatan webinar atau pelatihan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan para Guru”, ujar Lutvianto Pebri Handoko, CEO dan Co-Founder Aku Pintar dalam keterangan pers.


Program Komunitas Guru Pintar diadakan sejak Juli 2020, diawali dengan kegiatan pelatihan online bagi Guru BK di seluruh Indonesia bekerja sama dengan Rumah Guru BK (RGBK). Kegiatan dilanjutkan dengan Webinar Series bertajuk “Strategi Mengenali dan Memahami Karakter Siswa melalui Aplikasi Aku Pintar Guru” dan “Tantangan Guru dalam Era Revolusi Industri 4.0” yang diadakan pada September dan Oktober 2020.

 

Program Komunitas Guru Pintar terdiri atas Kelas Guru Pintar. Kegiatan tersebut berupa kelas pelatihan dan pendampingan kepada guru yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan mengembangkan keahlian untuk menunjang kegiatan belajar mengajar (KBM) atau layanan bimbingan dan konseling. Kegiatan Kelas Guru Pintar berlangsung dari 1-20 November 2020, diawali dengan kelas pelatihan, pendampingan, dan kelas evaluasi.


Kelas Guru Pintar menghadirkan pelatihan menulis dan meng-edit video melalui Kelas Penulisan Kreatif dan Kelas Video Editing. Para peserta wajib mengikuti proses seleksi terlebih dulu yang akhirnya tersaring 62 peserta dari 250 guru yang tergabung dalam Komunitas Guru Pintar.

 

Tujuan pelatihan ini agar para guru mampu membuat tulisan yang menarik dibaca serta dapat diterbitkan melalui platform digital sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Dalam KBM pun, teknik penulisan ini dapat digunakan guru untuk menyampaikan materi yang mudah dipahami oleh para siswa.

 

Kelas Video Editing berlangsung dari 1-20 November 2020 yang melibatkan fasilitator profesional di bidang sinematografi dan pendidikan. Para guru mempelajari ilmu sinematografi serta teknik editing dalam meng-edit dan membuat video yang menarik ditonton. Tujuan pelatihan ini untuk menjawab tuntutan bagi guru dalam menghadirkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif selama KBM.

 

Dalam program Webinar dan Kelas Guru Pintar ini, Aku Pintar kembali bersinergi dengan Rumah Guru BK (RGBK), sebuah komunitas yang menaungi Guru BK sebagai sarana untuk berbagi dan berkembang bersama agar menjadi guru BK yang profesional. “Aku Pintar dan RGBK memiliki visi yang sama khususnya dalam upaya memfasilitasi dan memberdayakan serta meningkatkan kompetensi Guru BK”, ujar Ana Susanti, selaku pendiri Rumah Guru BK.

 

Pahlawan Guru Pintar

Aku Pintar juga menghadirkan Pahlawan Guru Pintar yaitu sebuah kompetisi berhadiah bagi guru yang tergabung di Komunitas Guru Pintar. Kompetisi ini dihadirkan untuk memberikan dukungan sekaligus apresiasi bagi guru yang aktif menggunakan dan mensosialisasikan aplikasi Aku Pintar dalam KBM. Penilaian dilakukan atas dua kategori yakni kepada Guru di daerah 3T (tertinggal-terdepan-terluar) dan Non 3T.

 

Sebagai penghargaan bagi semua guru yang mengikuti program dari Aku Pintar, hadiah berupa smartphone tidak hanya diberikan kepada pemenang kompetisi Pahlawan Guru Pintar, namun juga kepada pemenang Kelas Guru Pintar untuk karya tulisan dan video terbaik.

Editor : Mardiana Makmun (nana_makmun@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN