Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman

KONI Cari Solusi Bersama untuk Kompetisi Olahraga

Jumat, 22 Januari 2021 | 05:41 WIB
F Rio Winto

JAKARTA, investor.id – Pembinaan olahraga prestasi memerlukan penyesuaian khusus dengan adanya pandemi Covid-19 yang belum usai. Pandemi ini berdampak pada penyelenggaraan berbagai kompetisi olahraga, baik single maupun multi event.

Berbagai kompetisi sudah banyak yang ditunda dengan alasan memutus mata rantai penularan Covid-19.

Seperti dilansir Beritasatu.com, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman akan mengajak pemangku kepentingan yang terkait dengan penyelenggara an kegiatan olahraga untuk bisa duduk bersama dan merumuskan per syaratan kegiatan dapat digelar kembali.

Beberapa pemangku kepentingan mulai dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Satgas Covid-19, Kepolisian, pimpinan cabang olahraga, KONI Provinsi dan lain sebagainya.

Marciano yakin dengan duduk bersama dapat menemukan jalan keluar agar kegiatan kembali bergulir namun atlet tetap terjaga keselamatannya.

“Saya mengajak untuk mencari solusi nya seperti apa, saya yakin dengan duduk bersama, event olahraga akan berjalan baik dengan protokol kesehatan yang diterapkan secara ketat. Keselamatan atlet itu tetap utama,” kata Marciano Norman ketika dihubungi Kamis (21/1).

Selain itu, Marciano mengatakan, pada kondisi saat ini, event dapat berjalan tanpa dihadiri penonton secara faktual namun sebagai gantinya disiarkan langsung serta diiringi pemberitaan media yang dahsyat di televisi, media daring dan sosial media lainnya.

“Kegiatan-kegiatan itu tentunya akan berdampak positif pertama pada atlet, kemudian kepada pelatih, kemudian pada pendukung-pendukung event olahraga,” kata dia.

Ia juga menyinggung dengan memberi contoh tentang beberapa klub sepak bola yang kesulitan membayar pemain dan pegawainya.

“Mudah-mudahan kalau kita duduk bersama dengan kepala dingin melihat mereka yang sulit, kita bisa mencari solusi terbaik untuk bagaimana event olahraga itu dapat dilaksanakan di masa pandemi ini dengan memprioritaskan protokol kesehatan ketat,” tutup Marciano Norman.

Dibatalkan

Sementara itu, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020 dibatalkan tanpa ada tim yang menjadi juara.

Kepastian pembatalan Liga 1 dan 2 2020 dihasilkan lewat rapat rapat Exco PSSI yang diselenggarakan Rabu (20/1). Ada empat keputusan besar yang dihasilkan rapat Exco Pertama, untuk musim kompetisi 2020 dibatalkan karena kondisi force majeure terkait pandemi Covid-19.

Kemudian telah diputuskan tidak ada juara serta tidak ada degradasi. Peserta kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021 adalah peserta kompetisi musim 2020. yang terakhir soal kontrak pemain diatur oleh klub mengacu kepada aturan keadaan force majeure di dalam kontrak masing-masing klub.

Keputusan PSSI membatalkan Liga 1 2020 serta Liga 2 berdasarkan masukan para klub peserta. Owners Meeting klub Liga 1 dan 2 sudah dilakukan pada 15 Januari 2021.

“Berdasarkan masukan dan kemudian Exco PSSI membahasnya, akhirnya diputuskan soal kejelasan Liga 1 dan 2 itu. Exco PSSI memutuskan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020 dibatalkan,” kata Iriawan dalam rilis, Rabu (20/1). Kompetisi Liga 1 2020 terpaksa ditunda akibat pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 lalu. Ketika itu kompetisi baru saja dimulai. Masing-masing klub rata-rata baru bertanding tiga kali. Kompetisi Liga 1 2020 sempat diwacanakan dilanjutkan kembali pada Oktober lalu. Akan tetapi terpaksa urung dilakukan karena tidak ada izin dari pihak kepolisian.

Pembatalan kompetisi lokal karena pandemi Covid-19 juga sudah terjadi di bola basket. IBL 2020 sudah resmi dibatalkan tanpa ada juara. (b1/ant)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN