Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tokopedia

Tokopedia

Lima Hobi Ini Ngetren Selama Pandemi

Kamis, 21 Januari 2021 | 17:33 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Pandemi mendorong masyarakat menjadi semakin kreatif dalam mengisi waktu luang selama lebih banyak di rumah. Salah satunya menggeluti beragam hobi serta kegiatan baru demi meningkatkan produktivitas. Uniknya, ada lima tren hobi yang diungkap Tokopedia selama pandemi. Apa sajakah itu?

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan harian bahkan menciptakan peluang dengan hobi baru yang muncul selama pandemi. Salah satunya melalui kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang diadakan setiap tanggal 25 hingga akhir bulan.

“Uniknya ada lima tren hobi yang terjadi selama pandemi. Kelimanya adalah olahraga, membaca buku, berkebun, melukis, dan memasak,” ungkapnya dalam keterangan pers diterima Kamis (21/1).

Menurut Ekhel, berdasarkan pembelian di Tokopedia, bersepeda, fitness, memancing, mendaki dan berkemah, serta sepakbola atau futsal menjadi olahraga yang digemari masyarakat selama 2020. Terlihat dari peningkatan transaksi pada kategori Sports & Hobbies di Tokopedia menjadi hampir 2x lipat jika dibandingkan dengan 2019.

Selain berolahraga, lanjut dia, kegiatan membaca pun semakin diminati selama pandemi. Buku tentang religi, pengembangan diri, novel dan sastra serta buku remaja dan anak masih menjadi beberapa kategori buku yang paling populer di Tokopedia selama 2020.

“Transaksi pada sub kategori Buku juga mengalami peningkatan hampir 2x lipat,” tambahnya.

Menurut Ekhel, berkebun juga bermanfaat untuk menyegarkan pikiran, sehingga menjadi salah satu hobi banyak masyarakat selama pandemi. Tokopedia mencatatkan kenaikan transaksi lebih dari 4x lipat pada sub kategori Taman sepanjang 2020 jika dibandingkan 2019. tren hobi selanjutnya adalah melukis.

Paint by numbers, contohnya, terus diminati masyarakat karena teknik melukis yang mengikuti angka pada gambar sangat memudahkan bagi para pemula untuk menghasilkan lukisan yang indah.

“Tingginya minat masyarakat terhadap hobi melukis ini terlihat dari kenaikan penjualan yang signifikan pada subkategori Office & Stationery di Tokopedia yang mencapai hampir 2x lipat selama 2020,” ucap Ekhel.

Terakhir, Ekhel menyebut hobi memasak pun terus digemari masyarakat di tengah pandemi. Hal ini terlihat pada penjualan kategori Home & Living di Tokopedia yang meningkat lebih dari 2x lipat selama 2020 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN