Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pisang, jeruk, apel,jambu biji, anggur, adalah sebagian dari beragam buah yang harus dikonsumsi setiap hari sebanyak 4-5 porsi

Pisang, jeruk, apel,jambu biji, anggur, adalah sebagian dari beragam buah yang harus dikonsumsi setiap hari sebanyak 4-5 porsi

Makan 4-5 Porsi Buah Hindarkan Tubuh dari Infeksi

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 13:05 WIB
Mardiana Makmun (mardiana@investor.co.id)

 

JAKARTA, Investor.id – Makan 4-5 porsi buah per hari dapat menguatkan imunitas tubuh sehingga risiko terinfeksi bakteri dan virus semakin rendah. Disarankan jenis buah yang dikonsumsi cukup beragam agar bisa mencukupi kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

 

“Setiap hari kita hrs makan buah untuk memenuhi kebutuhan nutisi mikro yaitu vitamin dan mineral terbaik, yang didapatkan dari makanan alami,” ujar Dokter Spesialis Gizi, dr. Florentina M. Rahardja, M.Gizi, Sp.GK dalam kampanye ajakan makan buah setiap hari #SunprideBuatKebaikan secara daring, Kamis (22/10/2020).

 

Jumlahnya, saran dr.Florentina, antara 4-5 porsi per hari. “Biasanya 2-3 porsi yang disarankan. Namun di masa pandemi Covid-19, sebaiknya porsi ditambah menjadi 4-5 porsi buah per hari,” saran dr.Florentina.

 

Ukuran satu porsi antara buah yang satu dengan yang lain berbeda. “Satu porsi pisang sama dengan satu buah, satu porsi apel malang adalah satu buah, satu porsi nanas adalah 1/4 buah, satu porsi mangga adalah satu buah, satu porsi pepaya adalah satu iris besar, dan satu porsi .anggur adalah 10-15 butir,” jelas dr.Florentina.

 

Tingkatkan imunitas

 

Buah-buahan mengandung nutrisi mikro (micro nutrient) berupa vitamin dan mineral. Nutrisi mikro dibutuhkan dalam jumlah kecil, namun berperan sangat besar dalam metabolisme tubuh.

 

Pisang, misalnya, mengandung vitamin C untuk daya tahan tubuh serta mineral kalium dan magnesium untuk kesehatan otak. Pepaya, sumber betakaroten yang di dalam tubuh diubah menjadi vitamin A untuk kesehatan mata serta berpengaruh terhadap imunitas dan dapat memperbaiki tekanan darah. Jamu biji atau guava mengandung kalori yang rendah namun mengandung vitamin C sangat tinggi yaitu 100 mg/100 gr guava , bandingkan dngan jeruk yang mengandung vitamin C lebih rendah, yaitu 50-60 mg/100 gr jeruk.

 

“Satu lagi nanas, ratunya buah. Nanas mengandung enzim bromelain untuk memantu pencernaan protein dan mempercepat recovery, juga bersifat antioksidan dan antiinflamasi natural,” papar dr.Florentina.

 

Selain itu, kandungan serat larut dan tak larut pada buah, dapat membantu pertumbuhan bakteri baik di usus. “Jumlah bakteri baik yang cukup di usus dapat meningkatkan imunitas tubuh melawan infeksi,” tegasnya.

 

Bila kekurangan vitamin dan mineral, tak hanya imunitas yang rendah, namun akan menyebabkan hidden hunger atau kelaparan tersembunyi karena defisiensi vitamin dan mineral. “Dampaknya untuk jangka panjang dapat menyebabkan penyakit noninfeksi, seperti diabetes melitus, jantung, dan strok,” ungkap dr.Florentina.

Editor : Mardiana Makmun (nana_makmun@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN