Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Melepas Anak Kuliah di Amerika dengan Aman Melalui ADP dari UIC College

Melepas Anak Kuliah di Amerika dengan Aman Melalui ADP dari UIC College

Melepas Anak Kuliah di Amerika dengan Aman Melalui ADP dari UIC College

Sabtu, 4 Juli 2020 | 21:20 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Los Angeles, San Fransico, New York bagi sebagian siswa mungkin hanyalah merupakan titik kota di Amerika yang berada di peta, tapi buat siswa lainnya mendapatkan kesempatan studi di destinasi ini memberikan pengalaman yang merubah kehidupannya. Tidak ada keraguan, belajar di luar negeri meningkatkan resume siswa dan  meningkatkan peluangnya untuk meraih masa depan  lebih baik.

Pendidikan global telah menjadi pilihan popular sejak lama. Hingga kini, populasi studi di luar negeri semakin beragam, lintas etnis dan strata ekonomi, termasuk juga pilihan jurusan dan karir yang semakin luas. Era globalisasi saat ini bukan hal yang harus dikhawatirkan, tetapi justru menjadi peluang bagi anak-anak muda untuk berkarya dengan berbagai kemudahan. Begitu banyak manfaatnya menjadi siswa internasional, diantaranya :

1.Penguasaan Bahasa

Tidak ada cara yang lebih baik dan efektif untuk belajar bahasa selain berada dalam budaya negara itu sendiri. Siswa secara tidak langsung dipaksa untuk melakukan komunikasi dengan bahasa asing dalam bersosialisasi dengan lingkungan secara aktif. Dengan begitu, secara otomatis kemampuan bahasa juga berkembang dengan cepat.

2. Menambah Kedewasaan

Berada di luar negeri membuat siswa harus mandiri dan mengatasi semua hal sendiri jauh dari orang tua dan keluarga. Mulai dari hal terkecil  seperti kebutuhan sehari – hari hingga hal – hal besar lainnya seperti mengambil keputusan pribadi atau yang lebih penting terkait kelancaran program studi yang ditempuh.

3. Eksplorasi / Traveling

Dengan berada di luar negeri,  siswa  juga mendapatkan banyak kesempatan untuk melakukan eksplorasi budaya dan lingkungan, menjelajah berbagai tempat dapat membuka cakrawala dan wawasan lebih luas lagi, meningkatkan kemampuan interaksi, adaptasi , sosialiasi dan pola pikir dalam dunia global.

4. Perhimpunan Mahasiswa

Belajar di luar negeri membuat siswa tergabung dengan sesama pelajar Indonesia yang berprestasi. Mereka yang studi di luar negeri akan tergabung dengan komunitas persatuan pelajar mahasiswa di luar negeri. Banyak diantara mereka yang merupakan pelajar berprestasi sehingga bisa menjadikan inspirasi

5. Percaya diri

Belajar di luar negeri membantu tingkat percaya diri siswa. Dengan berada dalam lingkungan dan budaya yang baru membuat siswa menemukan kekuatan dan kemampuan baru untuk mengatasi tantangan dan masalah yang ada. Siswa belajar untuk menghadapi situasi yang sepenuhnya asing, beradaptasi dan merespon dengan cara yang efektif. Menjadikan siswa lebih percaya diri setidaknya dari sisi komunikasi dan pergaulan yang kelak akan menjadi modal penting memasuki dunia kerja.

6. Menambah wawasan

Belajar di luar negeri menjadikan siswa semakin bertambah pengetahuan karena akses ke dunia global makin terbuka.

7. Komunitas Global

Belajar di luar negeri memberi siswa kesempatan untuk memiliki pertemanan dari seluruh dunia, dalam jangka panjang bisa menunjang karir atau bisnis yang akan dilakukan di kemudian hari.

8. Cara terbaik mengatur keuangan

Belajar di luar negeri , jauh dari orang tua, mau tidak mau membuat siswa harus pintar mengatur keuangan agar cukup untuk kuliah dan biaya hidup. Siswa juga diberi kesempatan mencari pekerjaan sampingan di waktu luang untuk menambah uang saku. Lambat laun kebiasaan ini melatih mereka untuk mandiri dalam mengatur keuangan.

9. Multikultural dan Etos kerja Profesional

Pergaulan dengan berbagai macam siswa dari banyak negara membuat siswa menjadi   kompetitif dan  berusaha memberikan yang terbaik sehingga etos studi juga meningkat. Hal ini penting bagi peningkatan kompetensi siswa. Mereka akan dipaksa untuk bisa bekerja lebih keras lagi. Secara tidak langsung siswa juga ditantang menjadi menjadi wakil Indonesia pada berbagai kegiatan  penting.

10. Tingkatkan Kreatifitas

Belajar di luar negeri membantu siswa semakin kreatif dan memilki berbagai ide cemerlang. Pengalaman di luar negeri seringkali menantang siswa untuk keluar dari rutinitas akademis, keluar dari kegiatan monoton rutin perkuliahan.

11. Kesempatan Kerja Lebih Luas

Selain menimbulkan prestise tersendiri menempuh pendidikan di negara lain juga memberikan manfaat untuk mendapatkan jalur karir yang berbeda dibanding lulusan dalam negeri. Sebagian besar perusahaan – perusahaan besar mencari mereka yang mempunyai latar belakang pendidikan di luar negeri untuk duduk di layer atas. Dan bukan tidak mungkin,  siswa akan berkarir di negara dimana dia bersekolah atau di negara asing lain karena kemampuannya.

13. Jaringan Bisnis

Tidak jarang lulusan luar negeri jika merintis sebuah bisnis mereka juga cepat besar karena kuatnya dukungan jaringan dan permodalan yang ada.

14. Meningkatkan Gelar

Belajar di luar negeri dapat meningkatkan nilai gelar siswa. Diluar negeri siswa dapat mengambil program studi yang tidak diajarkan di dalam negeri sehingga siswa memiliki keunggulan lebih di banding mahasiswa – mahasiswa dalam negeri

Tapi terkadang bagi sebagian siswa Indonesia, memilih jurusan kuliah serta destinasi studi seringkali menjadi hal yang sulit  dan penuh pertimbangan, selain kultur budaya hal lainnya adalah pengaruh program terhadap karir dan masa depan yang bersangkutan Ada banyak jurusan yang tersedia di berbagai Universitas, di mana beberapa jurusan ini bahkan memiliki sejumlah peminat yang cukup tinggi.

Jurusan favorit dan paling banyak diincar, apakah ini akan selalu menjadi jurusan yang paling menjanjikan untuk masa depan? Belum lagi hal - hal terkait dengan dunia sosial seperti gaya hidup, pergaulan dan kondisi finansial. Beberapa pertimbangan  menjadi bukan hanya menjadi pemikiran para siswa, tapi  juga para orangtua yang akan melepas mereka ke luar negeri.

Dengan banyaknya hal - hal yang menjadi pertimbangan untuk studi di luar negeri, maka memilih lembaga yang kredibel dengan pengalaman yang tidak diragukan adalah hal utama.   Dengan demikian,   siswa  dan orangtua akan mendapatkan   berbagai   manfaat dan kemudahan untuk mendukung kelancaran dalam menempuh pendidikan.

UniSadhuGuna adalah lembaga pendidikan yang memberikan berbagai kemudahan akses bagi siswa yang akan bersekolah ke luar negeri.

Selain memiliki kerjasama dengan sejumlah universitas terkemuka dunia, juga membantu persiapan mulai dari membekali dengan Bahasa Inggris, ketrampilan, pengetahuan tinggal di luar negeri dan terutama pembekalan akademik. Tujuannya, agar siswa mendapatkan pondasi yang matang apabila melanjutkan hingga tingkat kesarjanaan.

 

 

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN