Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Air terjun Malela, Bandung

Air terjun Malela, Bandung

Menikmati Pesona Air Terjun Malela Bandung

Imam Mudzakir, Minggu, 8 Desember 2019 | 10:36 WIB

KOTA Bandung identik dengan dunia pariwisata. Letaknya yang tak terlalu jauh dari Jakarta membuat Bandung kerap dijadikan destinasi pada akhir pekan

Kekuatan Bandung tak semata oleh kemolekannya alamnya. Bandung juga menyimpan pesona budaya dan wisata sejarah. Termasuk sejarah penting bangsa Indonesia, bahkan bagi kawasan lain seperti saat menjadi tuan rumah Konferensi Asia Afrika (KAA) tahun 1955.

Wisata sejarah juga ditopang oleh jejak-jejak arsitektur bangunan peninggalan kolonial. Salah satunya yang cukup terkenal adalah Gedung Sate yang kinj menjadi pusat pemerintahan provinsi Jawa Barat.

Soal pesona alamnya, Bandung yang dikelilingi oleh pegunungan memiliki hawa yang sejuk dengan pemandangan hijau nan menawan. Tak heran bila kondisi itu membuat wisatawan yang berkunjung merasa betah dan tak bosan-bosan untuk kembali ke kota ini.

Tak heran pula bila setiap akhir pekan Bandung selalu macet karena banyak kendaraan dari berbagai penjuru kota, termasuk turis asing berkunjung ke kota tataran Sunda tersebut.

Wisata Curug

Kota Bandung dan sekitarnya memiliki beragam wisata alam. Mulai dari wisata kawah, pegunungan, pertanian hingga air terjun. Salahsatu yang mungkin menjadi rekomendasi untuk berwisata di kawasan Bandung adalah Curug Malela. Banyak wisatawan yang berkomentar di dunia maya bahwa Curug Malela mampu menghipnotis para pengunjung yang datang. Karena mampu menghilangkan rasa lelah selama perjalanan. Tidak itu saja , saking indahnya, curug ini dijuluki dengan istilah Niagara Mini di ujung barat Bandung.

Curug Malela adalah sebuah curug cantik di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat dan lokasinya tidak jauh dari kawasan tempat wisata di Lembang serta Wisata Maribaya dan Jayagiri. Curug Malela menawarkan daya tarik eksotisme keindahan sebuah objek wisata air terjun di Bandung yang masih misterius.

Curug Malela memiliki sumber air terjun yang berasal dari hulu sungai bagian utara Gunung Kendeng, yaitu sebuah gunung berapi yang terletak di sebelah barat Ciwidey yang telah mati dan kemudian mengalir melintasi sungai cidadap- Gunung Halu.

Air sungai ini cukup deras dan jika kita sedang beruntung, maka kita bisa melihat ratusan ekor monyet ekor panjang (macaca pasciscularis) yang sedang minum air di bawah Curug Malela. Curug Malela Bandung yang memiliki ketinggian sekitar 60 hingga 70 meter dengan lebar mencapai 70 meter.

Air Terjun ini memiliki lima buah jalur air terjun yang akan tampak sekali keindahan serta kemegahannya yang sangat mempesona siapa pun yang melihatnya, terlebih di saat debit air sungai yang menuju lokasi air terjun ini sedang banyak serta mengalir deras melintasi air terjun ini. Curug Malela ini juga merupakan lokasi air terjun paling atas dari rangkaian tujuh air terjun sepanjang 1 km yang berada desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Nah kalau kita urutkan maka urutannya adalah Curug Malela, Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngebul, Curug Sumpel, Curug Palisir, dan ditutup dengan Curug Pameungpeuk.

Hal unik dan menarik adalah setiap air terjun di atas tersebut menawarkan daya tarik tersendiri. Contohnya Curug Katumiri akan mempertontonkan pelangi di badan air terjunnya laksana Curug Pelangi Cimahi yang terkenal itu.

Sementara Curug Ngebul justru kebalikan dari Curug Malela, dimana air yang jatuh ke bawah justru berkumpul dan menciptakan efek kabut dan suara yang menggelegar akibat begitu deras airnya. Kemudian Curug Manglid keunikannya air terjun ini memiliki goa tepat di bagian belakang air terjunnya.

Selanjutnya, Curug Sumpel kekhasannya adalah air terjun ini memiliki daerah di bawah air terjun yang lebar meski terlihat sempit dari kejauhan dan untuk Curug Palisir sendiri jika Anda perhatikan maka sangat mirip dengan karakteristik Curug Malela meski dengan ketinggian air terjun yang lebih rendah. Dan terakhir, Curug Pameungpeuk adalah air terjun dengan muara antara Sungai Cidadap dan Cisoka yang terletak tidak jauh dari air terjunnya.

Curug Malela sendiri merupakan tempat yang ramai dikunjungi wisatawan karena terkenal dengan keindahan alamnya yang sering disebut sebagai surga tersembunyi. Karena yang sangat terisolir dari peradaban, namun bagian sebagian besar wisatawan pecinta alam, lokasi air terjun ini laksana harta karun yang sangat indah untuk dinikmati keindahannya selain bagi warga masyarakat Bandung.

Kawasan wisata air terjun Curug Malela sendiri saat ini masih bisa dikategorikan sebagai tempat wisata yang masih perawan alias belum banyak terjamah wisatawan. Perlu diketahui, kontur jalanan menuju ke lokasi curug ini masih berupa tanah dan bebatuan, serta belum ada papan petunjuk ke lokasi Curug, termasuk retribusi tiket masuk tempat wisatanya

Bagi Anda yang membawa kendaraan, perjalanan hanya bisa dilakukan hingga di lokasi kawasan hutan pinus, akses jalanan menuju lokasi curug ini masih berupa tanah dan berbatu. Dan sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai tantangan alam karena trek naik turun, melintasi areal semak belukar yang tinggi, jurang, serta sawah tadah hujan milik penduduk setempat selama 30 menit melewati jalan setapak.

Menikmati air terjun Malela, Bandung
Menikmati air terjun Malela, Bandung

Namun kalau sudah sampai rasa lelah dan pengorbanan Anda semuanya akan terbayar karena meski dari kejauhan, sambutan berupa gemuruh suara air terjun Curug Malela sudah bisa kita dengar. Banyak wisatawan yang menjuluki Curug Malela ini dengan julukan Air Terjun Niagara-mininya indonesia Kenapa demikian? Karena di lokasi Wisata Curug Malela Bandung ini, kita bisa menikmati pesona keindahan air terjun setinggi 60-70 meter meter dengan lebar mencapai 50 meter, menariknya pengunjung bisa bermain di sepanjang aliran sungai di bawah air terjun, seperti berenang dan menikmati sentuhan butiran air terjun yang seperti kabut yang melayang.

Misteri Curug Malela

Memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa,namun faktanya lokasi wisata ini menyimpan sejuta misteri. Karena lokasinya tersembunyi ini juga banyak cerita hikayat masyarakat yang beragam nan unik.

Konon asal usul nama air terjun Malela ternyata diambil dari nama Eyang Tadjimalela, yang menurut penjelasan warga sekitar, beliau adalah yang ngageugeuh (menguasai) kawasan air terjun ini. Konon dari penjelsan seorang pemandu wisata, jika kita sedang kebetulan, maka kehadiran Eyang Tadjimalela ini terkadang menampakkan dirinya.

Akses Curug Malela Bandung

Alamat Curug Malela Terletak di perbatasan dengan Kabupaten Cianjur tepatnya di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat. Bagi wisatawan yang berniat berkunjung ke Curug Malela Bandung, bisa melalui Cimahi, Batujajar terus ke Cihampelas- Cililin, Sindang Kerta ke Gunung Halu-Buni Jaya dan Curug Malela.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA