Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pulau Panjang Jepara. FOTO: Investor Daily/IST

Pulau Panjang Jepara. FOTO: Investor Daily/IST

Menikmati Surga Kecil di Pulau Panjang Jepara

Minggu, 2 Agustus 2020 | 04:53 WIB
Imam Mudzakir (imam_koran@investor.co.id)

JEPARA tak asing di telinga. Kota di Jawa Tengah ini punya segudang daya Tarik. Ketika mendengar kata Jepara, ingatan orang akan menuju pada kerajinan tradisional, sejarah hingga pesona alam.

Salah satu keindahan alam Jepara hadir lewat pulau-pulau yang ada di sekitarnya. Sebut saja misalnya, Pulau Karimunjawa. Tapi, tahukah bahwa ada destinasi elok bernama Pulau Panjang?

Pulau ini terletak di Kelurahan Ujung Batu, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Saking eloknya, kini, pulau tersebut menjadi merupakan obyek wisata yang banyak diminati.

Pulau Panjang merupakan satu diantara keelokan yang dimiliki oleh Jepara. Cocok untuk dikunjungi para traveler maupun wisatawan. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Pulau Panjang menjuluki tempat wisata yang indah ini sebagai surga kecil di pantai utara Jawa.

Luas wilayah Pulau Panjang sekitar 19 hektare dan berjarak sekitar satu setengah mil dari obyek wisata Pantai Kartini Jepara.

Keindahan alam yang tersaji sangat menakjubkan dan masih terjaga keasriannya. Pulau Panjang dikelilingi laut dangkal dengan dasar terumbu karang sehingga pantainya berpasir putih. Aktivitas bermain pasir pun akan terasa sangat menyenangkan karena pasir putih milik Pulau Panjang sangat lembut dan halus. Membuat wisatawan ingin berlama-lama di tempat ini sekadar untuk bermain pasir putih ditemani oleh pemandangan birunya air laut.

Air laut di sebelah selatan dan barat cukup jernih dan tidak berarus sehingga cocok untuk berenang, snorkeling, dan bermain kano.

Di sepanjang pantai terdapat pohon peneduh dengan akarnya yang menjurai ke laut sangat indah untuk dinikmati. Ditambah dengan suasananya yang tenang cukup menyejukkan hati setiap pengunjung.

Bagian tengah pulau merupakan struktur hutan tropis dengan pohon- pohon besar dan tinggi menjulang diselingi perdu dan semak dijadikan tempat bagi burung laut bermalam dan berkembang biak.

Pepohonan yang mendominasi adalah, randu, asem jawa, dadap, bahkan di sebelah timur banyak pohon pinus yang umurnya ratusan tahun.

Setelah puas dengan bermain air di pantai, wisatawan juga bisa jalan-jalan sekadar mengelilingi pulau ini, karena pulau ini memiliki hutan tropis dengan suasana yang sejuk dan banyak pepohonan yang teduh.

Pengelola pulau terindah di Jepara ini sudah menempatkan paving block yang cocok untuk berjalan-jalan menyusuri pantai eksotis. Jadi wisatawan tidak perlu lagi membayangkan medan yang sulit dan menyeramkan.

Di Pulau Panjang ada pula wisata religi karena terdapat kompleks pemakaman salah satu guru besar dan penyebar agama islam di sepanjang pantai utara, yakni Syekh Abu Bakar Bin Ba’alawy.

Jadi wisatawan yang berkunjung menikmati keindahan alam, dapat sekaligus berwisata religi. Cukup banyak wisatawan yang mengunjungi pemakaman Syekh ini terutama ketika peringatan Bulan Syuro. Para peziarah memenuhi pulau untuk mengenang jasa beliau.

Tenda dan Transportasi

Penginapan di Pulau Panjang Jepara. FOTO: Investor Daily/IST
Penginapan di Pulau Panjang Jepara. FOTO: Investor Daily/IST

Jika sore telah beranjak, wisatawan lebih baik kembali ke daratan karena di pulau ini belum terdapat fasilitas penginapan seperti motel atau hotel.

Bagi traveler yang menyukai tantangan dan belum puas menikmati keindahan alam Pulau Panjang, bisa mendirikan tenda untuk berkemah di pantai bersama teman-teman.

Wisatawan bisa merasakan panorama keindahan Pulau Panjang saat sore yaitu menikmati sunset atau matahari tenggelam di tengah laut. Begitu pula pada saat malam hari, wisatawan bisa menikmati suasana yang tenang, ditemani oleh bintang bintang dan riak ombak yang halus menemani keindahan malam sekaligus menikmati suasana saat matahari terbit (sunrise).

Bagi yang menyukai fotografi, Pulau Panjang sangat cocok mengingat terdapat spot foto yang indah. Wisatawan bisa mengabadikan keindahan hutan tropis yang masih asri, hingga suasana dermaga yang ada di Pulau Panjang, maupun berfoto saat matahari tenggelam. Pada era digital saat ini, pesona alam yang terekam di kamera dapat diunggah ke media sosial untuk berbagi keindahan.

Oh ya, untuk bisa sampai ke Pulau Panjang, para pengunjung bisa naik perahu dari Pantai Kartini, Jepara. Para wisatawan cukup merogoh kocek sebesar Rp 20 ribu untuk pergi.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN